BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Workshop Pengelolaan dan Sosialisasi HKI: Upaya Meningkatkan Budaya Melek Kekayaan Intelektual

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah Hak yang timbul dari hasil olah pikir manusia dalam menghasilkan sebuah produk atau proses yang berguna untuk kepentingan manusia baik secara personal maupun komunal. Kekayaan Intelektual lahir sebagai jawaban atas permasalahan-permasalahan manusia yang kemudian mempunyai manfaat dan nilai ekonomi bagi kehidupan manusia.

Bappeda Kabupaten Sleman pada Senin (22/3) bertempat di Aula Pangripta lalu mengadakan Workshop Pengelolaan dan Sosialisasi Hak kekayaan Intelektual (HKI). Workshop tersebut dihadiri oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sleman dan pelaku UMKM calon penerima bantuan fasilitasi pendaftaran HKI.

Acara secara langsung dibuka oleh Pelaksana Tugas Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Pengendalian (Litbangdal) Bappeda Kabupaten Sleman, Nunuk Hartati, SP, M.Ec.Dev. Dalam sambutannya, Nunuk Hartati menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah pada tahun 2021 ini memberikan fasilitasi kepada pelaku UMKM dan masyarakat umum berupa bantuan stimulus untuk dapat mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektualnya. Harapannya dengan mendaftarkan Kekayaan Intelektual yang dimiliki dapat melindungi aset baik berupa temuan, merek, paten, hak cipta, maupun Kekayaan Intelektual yang lain dari pengakuan orang lain, pembajakan, atau penyalahgunaan yang dapat merugikan secara ekonomi maupun hukum. Selain itu dengan mendaftarkan Kekayaan Intelektual akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat itu sendiri khususnya dan negara pada umumnya.

Adanya acara workshop pengelolaan dan sosialisasi HKI ini merupakan bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk mengembangkan dan memajukan sistem kekayaan intelektual. Pemerintah Kabupaten Sleman sebelumnya pada tahun 2019 telah berhasil mendapatkan predikat Kawasan Berbudaya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan Ham.

Hadir sebagai Narasumber yaitu Direktur Pusat HKI Fakultas Hukum UII, Dr. Budi Riswandi, S.H, M.Hum dan Perwakilan dari Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, RL Pandji Wiratmoko, SH. Dalam paparannya kedua narasumber sepakat berpendapat bahwa budaya melek HKI di Kabupaten Sleman perlu ditingkatkan baik untuk Aparatur Sipil Negara, pelaku UMKM, dosen, mahasiswa, maupun masyarakat secara umum dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan bersama. (***BAY/Bidang Litbangdal)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of