BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Workshop Kelompok Kerja P3TB Sleman, Jalin Komunikasi Sebelum Beraksi

Kelompok Kerja Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan (Pokja P3TB) Kabupaten Sleman bersama dengan PMS Regional Borobudur – Yogyakarta – Prambanan (BYP) dan PMS Pusat menggelar acara yang bertajuk Workshop Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan Kabupaten Sleman pada hari Kamis (19/11) di Hotel Prima SR. Acara workshop ini dilaksanakan dengan semangat menjalin komunikasi antar anggota Pokja P3TB Kabupaten Sleman dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Dalam pertemuan perdana Pokja P3TB Kabupaten Sleman ini, Dona Saputra Ginting selaku Kepala Bidang Fisik dan Prasarana BAPPEDA Kabupaten Sleman berkesempatan membuka sekaligus memberikan sambutan dan arahan kepada seluruh peserta workshop yang terdiri dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sleman. Mewakili Kepala Bappeda, Dona menyampaikan bahwa dengan adanya pertemuan ini, diharapkan agenda dalam menindaklanjuti arahan P3TB dari pusat akan semakin baik dan koordinatif.

Kabupaten Sleman seperti halnya kawasan destinasi wisata lain di Indonesia, memiliki potensi alam dan keragaman budaya. Namun kinerja industri pariwisata belum maksimal. P3TB disiapkan sejak tahun 2018, direncanakan hingga tahun 2023 untuk dapat memaksimalkan potensi tersebut. Dalam materinya yang mengusung topik Pengenalan Pedoman Umum P3TB, Dona memaparkan bahwa P3TB secara umum memiliki empat komponen, yaitu meningkatkan kapasitas kelembagaan untuk memfasilitasi pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan, meningkatkan kualitas jalan dan akses pelayanan dasar yang terkait dengan pariwisata, meningkatkan partisipasi masyarakat dan dunia usaha lokal di sektor pariwisata, dan meningkatkan iklim usaha yang kondusif untuk investasi swasta ke sektor pariwisata. Seluruh kerangka dan indikator keberhasilan program serta skema pembiayaan dalam P3TB dilakukan dengan berdasar kepada keempat komponen tersebut.

Hadirnya P3TB di Kabupaten Sleman diharapkan dapat meningkatkan kinerja indikator kepariwisataan berkelanjutan dan pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan tindak lanjut yang implementatif dari Rencana Aksi RIPT yang telah disusun. Disampaikan oleh Nindyo Cahyo Krisnanto selaku PMS Regional BYP, Pokja P3TB tingkat Kabupaten dan PMS Regional memiliki garis koordinasi dan kedudukan yang sama dalam struktur tim organisasi P3TB. Sehingga, diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik dari kedua belah pihak untuk mengawal RIPT Borobudur – Yogyakarta – Prambanan khususnya di Kabupaten Sleman.Acara ditutup dengan santap siang dan foto bersama dengan seluruh peserta workshop. Selanjutnya, Sekretariat Pokja P3TB Sleman akan melakukan sinkronisasi atau penyelarasan dengan seluruh anggota Pokja P3TB untuk dapat menyepakati Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) sampai dengan tahun 2024. (***Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of