BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Tata Ruang Untuk Kesejahteraan Bersama – Edukasi Kepada Masyarakat

Dengan dinamika pembangunan dan pergerakan investasi pasar yang terjadi saat ini, Pemerintah secara mutlak memerlukan aturan-aturan yang dapat dijadikan instrumen dalam mengendalikan pembangunan agar tercapai sebuah pembangunan yang berkelanjutan, di sisi lain instrumen tersebut juga harus dapat mengakomodasi perkembangan perekonomian yang terjadi. Instrumen tersebut telah diatur dalam Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yang di dalam ketentuannya telah membagi rencana tata ruang menjadi dua bentuk rencana tata ruang, yaitu rencana tata ruang umum dalam hal ini pada level kabupaten adalah Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten sebagai instrumen arahan pembangunan makro yang berisi tentang kebijakan perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian tata ruang skala 1:50.000, dan rencana rinci dalam hal ini Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten yang berfungsi sebagai alat kendali operasional perizinan, pengembangan jaringan sarana dan prasarana, serta pengendalian kegiatan pembangunan.

Untuk memberikan pemahaman pentingnya aturan penataan ruang, DPRD Kabupaten Sleman telah menginisiasi forum sosialisasi tentang strategi penyusunan aturan RDTR di Kabupaten Sleman. Bertempat di Balai Desa Tridadi pada hari Jumat (24/7), anggota DPRD Kabupaten Sleman, Danang Maharsa, SE melakukan edukasi kepada masyarakat Tridadi tentang Rencana Detail Tata Ruang di Kabupaten Sleman. Sementara itu pada Hari Minggu (2/8) bertempat di Balai Desa Trihanggo, anggota DPRD Kabupaten Sleman Y. Gustan Ganda, S.T. mengumpulkan perwakilan masyarakat untuk memberikan pengertian dan pemahaman tentang penataan ruang di wilayah Kebupaten Sleman secara umum, dan Kecamatan Gamping secara khusus.

Pada kedua acara tersebut BAPPEDA Kabupaten Sleman berkesempatan menjadi narasumber untuk menyampaikan informasi tentang Rencana Tata Ruang di Kabupaten Sleman. Dona Saputra Ginting, ST, MES, M.AP selaku Kepala Bidang Fisik dan Prasarana BAPPEDA Kabupaten Sleman sebagai narasumber menyampaikan bahwa Rencana umum tata ruang di Kabupaten Sleman telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sleman, sementara kebijakan penyusunan rencana rinci di Kabupaten Sleman dibagi menjadi 4 (empat) wilayah yaitu RDTR Kawasan Sleman Timur, RDTR Kawasan Sleman Barat, RDTR Kawasan Sleman Utara, dan RDTR Kawasan Sleman Tengah.

Adapun tata kala penyusunan dokumen dan proses legislasi Perda RDTR dilaksanakan secara berkala pada tahun 2020 sampai dengan 2023 dengan urutan Perda RDTRK Sleman Timur, Perda RDTRK Sleman Barat, Perda RDTRK Sleman Tengah, dan Perda RDTRK Sleman Utara. Selain daripada itu, narasumber menyampaikan tentang isu pembangunan dan rencana pengembangan wilayah di Kabupaten Sleman, antara lain pembangunan 3 (tiga) trase jalan tol, pengembangan Jogja Outer Ringroad, pengembangan Transit Oriented Development (TOD) Patukan, rencana pengembangan jalur Kereta Api, kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, serta rencana pengembangan wilayah lainnya yang menjadi dasar terhadap penyusunan aturan rencana detail tata ruang.

Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bahwa Desa Tridadi dan Desa Trihanggo yang termasuk dalam pengaturan RDTRK Sleman Tengah akan disusun dokumen materi teknisnya pada tahun 2021, sehingga sangat diharapkan masukan yang bersifat membangun dari masyarakat agar didapat pengaturan RDTR yang optimal melalui kebijakan top down dan bottom up. (***Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of