BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Sosialisasi SPM Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Permen PU No. 1/PRT/M/2014)

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman pada Hari Senin Tanggal 02 Juni 2014 mengikuti rangkaian Sosialisasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 1/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang (PR) di Hotel Harmoni One, Batam Centre, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum ini dihadiri oleh seluruh Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Dinas Pekerjaan Umum se-Pulau Jawa dan Sumatera.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 1/PRT/M/2014 tentang SPM Bidang PU dan PR yang berfungsi sebagai acuan bagi Pemerintah Daerah, merupakan pembaruan terhadap Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 14/PRT/M/2010 sekaligus pernyataan bahwa peraturan menteri sebelumnya telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Adapun ruang lingkup Peraturan Menteri PU No. 1/PRT/M/2014 meliputi:

  1. SPM Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  2. Penetapan dan Target Pencapaian SPM Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  3. Penyelenggaraan SPM Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  4. Pembinaan dan Pengawasan;
  5. Pelaporan;
  6. Monitoring dan Evaluasi;
  7. Pembiayaan.

Salah satu hal yang mendasari terbitnya SPM Bidang PU dan PR yang baru adalah SPM lama sulit diimplimentasikan dan diukur sehingga perlu disesuaikan. Selain itu pada SPM lama belum menguraikan SPM yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab daerah Provinsi serta belum terdapat pedoman perhitungan pembiayaan pencapaian SPM.

SPM Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Kabupaten/Kota adalah ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar bidang pekerjaan umum dan penataan ruang yang merupakan urusan wajib daerah yang berhak diperoleh setiap warga secara minimal. Adapun SPM Bidang PU dan PR secara ringkas meliputi jenis-jenis pelayanan dasar, indikator, dan target pencapaian pada Tahun 2019 secara lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut:

 

Ringkasan SPM Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Kabupaten/Kota

 No. Jenis Pelayanan Dasar Indikator Target 2019
 1. Sumber Daya Air
  1. Persentase tesedianya air baku untuk memenuhi kebutuhan pokok minimal sehari-hari.
100%
  1. Persentase tersedianya air irigasi untuk pertanian rakyat pada sistem irigasi yang sudah ada sesuai dengan kewenangannya.
70%
 2. Jalan
  1. Persentase tingkat kondisi jalan baik dan sedang.
60%
  1. Persentase terhubungnya pusat-pusat kegiatan dan pusat produksi di wilayah kabupaten/kota
100%
 3. Cipta Karya
  1. Persentase penduduk yang mendapatkan akses air minum yang aman.
81,77%
  1. Persentase penduduk yang terlayani sistem air limbah yang memadai.
60%
  1. Persentase pengurangan sampah di perkotaan
20%
  1. Persentase pengangkutan sampah.
70%
  1. Persentase pengoperasian TPA.
70%
  1. Persentase penduduk yang terlayanai sistem jaringan drainase skala kota sehingga tidak terjadi genangan lebih dari 30 cm selama 2 jam lebih dari 2 kali setahun.
50%
  1. Persentase jumlah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diterbitkan.
60%
  1. Persentase berkurangnya luasan permukiman kumuh di kawasan perkotaan.
10%
 4. Jasa Konstruksi
  1. Persentase tersedianya 7 (tujuh) layanan informasi jasa konstruksi tingkat kabupaten/kota pada Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi (SIPJAKI).
60% 
  1. Persentase tersedianya layanan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) dengan waktu penerbitan paling lama 10 (sepuluh) hari kerja setelah persyaratan lengkap.
100%
 5. Penataan Ruang
  1. Persentase tersedianya informasi mengenai rencana tata ruang (RTR) wilayah kabupaten/kota beserta rencana rincinya melalui peta analog dan peta digital.
100% 
  1. Persentase tersedianya luasan RTH Publik sebesar 20% dari luas wilayah kota/kawasan perkotaan
50%

(Bid. Perdesaan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of