BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan BKK Dana Keistimewaan Kepada Pemerintah Kalurahan dan BKK Kepada Desa di Kabupaten Sleman

Bappeda Sleman mengadakan sosialisasi mengenai Peraturan Gubernur DIY Nomor 100 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Keuangan Khusus Dana Keistimewaan Kepada Pemerintah Kalurahan dan Peraturan Bupati Nomor 21.1 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2017 tentang Bantuan Keuangan Khusus Kepada Desa pada hari Senin-Selasa, 1-2 Maret 2021 di Aula Pangripta Bappeda Sleman. Peserta pada acara ini terdiri atas 17 Kapanewon dan 86 Kalurahan di Kabupaten Sleman yang terbagi dalam 2 kelompok dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan.

Acara sosialisasi ini menghadirkan narasumber Paniradya Pati , Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si dan Kepala BPKA DIY yang diwakili oleh Kepala Bidang Anggaran Belanja, Lindi Dewi Kartika, SE terkait Peraturan Gubernur DIY Nomor 100 tahun 2020, sedangkan untuk materi Peraturan Bupati Nomor 21.1 Tahun 2019 disampaikan oleh Kepala Bidang Data dan Perencanaan Pembangunan Bappeda Sleman, Nur Fitri Handayani, S.STP, M.Si dan Kepala Bidang  Administrasi, Keuangan dan Aset Kalurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Alhalik, S.Sos, MT.

Pada acara sosialisasi ini Paniradya Pati menjelaskan mengenai substansi Peraturan Gubernur DIY Nomor 100 tahun 2020 dari sisi mekanisme perencanaan dan peruntukan Dana Keistimewaan kepada Kalurahan. Narasumber dari BPKA DIY menyampaikan materi terkait pengelolaan keuangan Dana Keistimewaan, termasuk proses pencairan dan pelaporannya.

Pada sesi ke-2, Bappeda menerangkan mekanisme pengusulan dan peruntukan Bantuan Keuangan Khusus Kepada Kalurahan sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 21.1 Tahun 2019. Dilanjutkan dengan narasumber dari Dinas PMK yang menjelaskan mengenai mekanisme penyaluran/pencairan dana BKK kepada Kalurahan. Diharapkan, alternatif pendanaan pembangunan dari sumber dana BKK, baik Dana Keistimewaan maupun BKK yang berasal dari APBD Kabupaten Sleman ini mampu menjawab berbagai persoalan pembangunan yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kalurahan. (***EAP/Bidang Data dan Perencanaan Pembangunan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of