Sosialisasi Dana Penelitian Terapan Kabupaten Sleman APBD TA 2020

Kabupaten Sleman dengan visi “Terwujudnya Masyarakat Sleman yang Lebih Sejahtera, Mandiri, Berbudaya dan Terintegrasikannya Sistem E-Government menuju Smart Regency pada tahun 2021” perlu melakukan berbagai terobosan melalui kolaborasi yang melibatkan banyak pihak untuk mewujudkannya. Salah satu misi untuk mewujudkan visi tersebut adalah “meningkatkan penguatan sistem ekonomi kerakyatan, aksesibilitas dan kemampuan ekonomi rakyat, serta penanggulangan kemiskinan”. Misi ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan dan pendampingan terus menerus kepada masyarakat dalam penguatan sistem ekonomi kerakyatan berbasis kekuatan lokal, peningkatan insfrastruktur dan prasarana perekonomian dan peningkatan akses bagi masyarakat agar lebih mudah berusaha, sehingga kemampuan ekonomi rakyat lebih berkembang dan semakin kuat. Salah satu sektor yang dikedepankan dalam pencapaian misi ini adalah sektor pariwisata yang berbasis pada potensi lokal dan ekonomi kreatif.

Dengan latar belakang tersebut hari Senin, 11 Maret 2019 diselenggarakan Sosialisasi Dana Penelitian APBD Kabupaten Sleman Tahun 2020 bertempat di Ruang Pangripta Bappeda Sleman. Acara tersebut dibuka oleh Bpk. Drs. Kunto Riyadi, MPPM selaku Kepala Bappeda Sleman, dan sebagai narasumber dari Dewan Riset Daerah Sleman yaitu Bpk. Drs. Sutrisno dan Bpk. Taryono. Kegiatan tersebut mengundang LPPM seluruh Perguruan Tinggi yang ada di DIY, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

Dua tema penelitian terapan yang hasilnya akan diterapkan di wilayah Kabupaten Sleman yaitu 1. Pengembangan kelembagaan desa wisata berbasis ekonomi kreatif dan 2. Keanekaragaman produk agroindustri. Proposal yang terpilih akan mendapatkan Dana Penelitian Terapan APBD Kab. Sleman sebesar ± Rp. 25.000.000 dari total dana Penelitian APBD Kab. Sleman TA 2020 sebesar Rp. 100.000.000,- . (***Bidang LitbangDal)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *