Sosialisasi Aplikasi SISMONEV RAN Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika di Kabupaten Slema

Dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kabupaten Sleman, BNN bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Sleman mengadakan sosialisasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sleman yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kinanthi, pada hari Kamis tanggal 4 April 2019. Acara dibuka oleh Bapak Drs. Pranama, M.Si, Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan, dilanjutkan paparan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pendampingan aplikasi Monev P4GN.

Disampaikan oleh Kepala BNN Kabupaten Sleman, bahwa DIY termasuk daerah darurat narkoba, untuk itu perlu kerjasama yang intensif oleh semua OPD dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika di Kabupaten Sleman. Kegiatan tersebut harus dilaporkan ke Pemerintah Pusat melalui aplikasi SISMONEV Rencana Aksi Nasional  Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika.

RENCANA AKSI TERKAIT PEMDA

PENCEGAHAN

  • Peningkatan Kampanye Publik tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika (Sosialisasi bahaya Narkotika dan Prekursor Narkotika serta informasi tentang P4GN kepada Pegawai Aparatur Sipil Negara, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, dan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia; Pembentukan regulasi tentang P4GN di masing-masing kementerian/ lembaga dan pemerintah daerah; Pembinaan dan penyebarluasan P4GN kepada seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)).
  • Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika (Pelaksanaan tes urine kepada seluruh Pegawai Aparatur Sipil Negara, termasuk calon Aparatur Sipil Negara; Pembentukan Satuan Tugas/ Relawan Anti Narkotika dan Prekursor Narkotika).
  • Pemberdayaan masyarakat (Pengembangan potensi masyarakat pada kawasan rawan dan rentan Narkotika dan Prekursor Narkotika).

PEMBERANTASAN

  • Pembersihan Tempat dan Kawasan Rawan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (Pemetaan dan pemusnahan ladang ganja).

REHABILITASI

  • Peningkatan Kapasitas Layanan Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika (Penyediaan layanan rehabilitasi di setiap provinsi, kabupaten, dan kota; Penyediaan sumber daya manusia pelaksana rehabilitasi yang kompeten).

PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

  • Integrasi Data (Penyediaan Aplikasi Integrasi Data Terkait P4GN)

(***Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of