BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

SERAH TERIMA SEKRETARIAT BADAN/TIM KOORDINASI PENATAAN RUANG DAERAH (BKPRD) DARI BAPPEDA KABUPATEN SLEMAN KEPADA DINAS PERTANAHAN DAN TATA RUANG KABUPATEN SLEMAN

Sesuai dengan PERMENDAGRI No. 50 Tahun 2009 tentang Pedoman Koordinasi Penataan Ruang Daerah di Kabupaten Sleman telah dibentuk Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) dengan Sekretariat di BAPPEDA Kabupaten Sleman.

Tugas dari Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) dirinci berdasarkan aspek penataan ruang yakni meliputi aspek perencanaan ruang, pemanfaatan ruang, pengendalian pemanfaatan ruang, proses pengawalan substansi rencana tata ruang  dan penetapan Raperda rencana tata ruang.

Dalam melaksanakan peran dan fungsinya, Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Kabupaten Sleman bersinergi dengan Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) DIY pada tingkat provinsi, dan Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) pada tingkat nasional, sehingga setelah dibubarkannya Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) pada tahun 2017 terjadi kekosongan dalam jenjang koordinasi secara kelembagaan antara pusat dan daerah.

Sebagai tindak lanjut dibubarkannya Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN),  telah diterbitkan PERMENDAGRI No. 116 Tahun 2017 tentang Koordinasi Penataan Ruang Daerah, Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) diubah menjadi Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD). Tugas Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) difokuskan untuk melakukan koordinasi dalam pelaksanaan perencanaan tata ruang, melakukan koordinasi dalam pengendalian pemanfaatan ruang, memberikan rekomendasi perizinan dan bentuk sanksi, dan melakukan koordinasi dalam penanganan dan penyelesaian konflik serta kerjasama penataan ruang kabupaten atau kota.

Perubahan terjadi pula pada tatanan Sekretariat Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD). Sekretariat Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) yang semula berada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) diserahterimakan  kepada Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sleman sebagai Sekretariat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten Sleman.   

Berakhirnya tugas Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) pada tahun 2018 yang digantikan oleh Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) ditandai dengan serah terima berkas arsip dari Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) kepada Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD). Serah terima tersebut dilakukan pada acara rapat PLENO terakhir BKPRD pada tanggal 7 Januari 2019 bertempat di Ruang Rapat Sinom BAPPEDA Kabupaten Sleman. Pada pelaksanaannya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) menyerahkan Arsip dokumen BKPRD dalam bentuk dokumen dan salinan lunak kepada Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman selaku Ketua Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten Sleman. (*** Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of