“Senja Sang Penghantar Matahari Terbenam” Potensi Pengembangan Bukit Klumprit Sebagai Kawasan Wisata

Dalam rangka persiapan terhadap penyusunan Rencana Induk Pariwisata Terpadu di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Candi Prambanan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan Bank Dunia, pada hari Jumat tanggal 26 April 2019 Tim BAPPEDA Kabupaten Sleman yang terdiri dari Bidang Fisik dan Prasarana, dan Bidang Ekonomi, bersama dengan Pemerintah Desa Wukirharjo dan Kecamatan Prambanan melakukan peninjauan lapangan untuk menggali potensi kawasan yang dapat didorong untuk dikembangkan, yang bertujuan kepada perbaikan infrastruktur, pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Salah satu lokasi potensi pengembangan wisata yang ditinjau adalah Bukit Klumprit. Bukit Klumprit merupakan spot wisata baru yang saat ini sedang dirintis oleh Pemerintah Desa Wukirharjo bersama dengan Pemerintah Kecamatan Prambanan yang dikelola oleh Pokdarwis Desa Wukirharj0, Prambanan. Kawasan Wisata Bukit Klumprit disebut juga sebagai Bukit Senja. Lahan yang dapat dikembangkan seluas kurang lebih 7 Hektar berada pada area perbukitan dengan pemandangan ke arah Barat, yang merupakan lokasi yang sangat indah untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Pada lokasi Bukit Klumprit terdapat batuan-batuan besar yang mirip dengan batu-batu Gunung api purba Nglanggeran.

Saat ini akses menuju Bukit Klumprit sudah tersedia dengan perkerasan beton yang didanai dari berbagai sumber pendanaan. Pagar pengaman tebing dan papan peringatan juga telah dipasang di sepanjang bukit. Namun demikian untuk menjadikan Bukit Klumprit sebagai kawasan wisata yang baik masih diperlukan banyak penyiapan fasilitas antara lain lahan parkir, toilet, kantin, lampu penerangan jalan umum dan rambu-rambu penunjuk arah. (***Bidang Fispra & Bidang Ekonomi)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of