SEMINAR HASIL PENGENDALIAN DAN EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA PEMBANGUNAN DAERAH SESUAI PERMENDAGRI NOMOR 54 TAHUN 2010 DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN ANGGARAN 2014

Pada hari Kamis tanggal 18 Desember 2014 bertempat di Aula Bappeda Sleman, diselenggarakan Seminar Hasil Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Sesuai Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 Di Kabupaten Sleman Tahun Anggaran 2014 oleh Bappeda Sleman. Seminar ini merupakan rangkaian dari kegiatan pengendalian dan evaluasi yang telah dilaksanakan pada tahun anggaran 2014 dimana Bappeda yang bertanggung jawab melaksanakan pengendalian dan evaluasi terhadap dokumen perencanaan pembangunan tingkat kabupaten berdasarkan Permendagri 54/2010 memaparkan hasilnya kepada seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

SEMINAR DALEV 1

Seminar ini dihadiri oleh para Kepala SKPD dan para kasubbag perencanaan masing-masing SKPD. Seminar yang dimulai pada pukul 08.30 WIB dibuka dengan sambutan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, dr. H. Sunartono, M.Kes. Penekanan pada konsistensi penyusunan rencana usulan kegiatan di masing-masing SKPD dengan pelaksanaan. Selain itu, penyusunan rencana kegiatan harus selalu memperhatikan hasil evaluasi tahun sebelumnya.

Selanjutnya seminar diisi dengan narasumber dari Pemerintah Daerah DIY yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemerintahan, Drs. Biwara Yuswantana, M.Si. Materi yang disampaikan adalah Pengendalian Dan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Pembangunan Daerah Di Pemerintah Kabupaten Terhadap Kontribusi Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah Di Tingkat Provinsi berdasarkan Permendagri 54/2010. Pembahasan kontribusi daerah ditekankan pada evaluasi hasil RPJMD kabupaten dan hasil RKPD kabupaten.

Sesi selanjutnya berisi tentang Dasar-dasar peraturan terkait pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah sesuai Permendagri 54/2010. Sesi ini disampaikan langsung oleh Kepala Bappeda Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes, yang memberi penekanan kepada seluruh SKPD dimana setiap SKPD harus betul-betul memperhatikan setiap usulan kegiatan dan anggaran sehingga pada pelaksanaannya nanti tidak terdapat penyimpangan-penyimpangan baik itu penyimpangan terhadap RPJMD, RKPD, Renstra SKPD, maupun Renja SKPD. Ini harus menjadi kewajiban bagi setiap Kepala SKPD dimana jika terdapat penyimpangan Kepala SKPD ataupun Bappeda wajib melakukan perbaikan dan penyempurnaan.

Sesi terakhir diisi dengan summary hasil Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Daerah TA 2014 berdasarkan Permendagri 54/2010 yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Sleman, Erny Maryatun, SIP, MT. Dalam sesi ini dipaparkan hasil pengendalian dan evaluasi yang telah dilaksanakan selama tahun 2014 (sebanyak 7 jenis pengendalian dan evaluasi) baik yang dilaksanakan oleh Bappeda maupun oleh seluruh SKPD yang ada di lingkup Pemkab Sleman. Ini penting disampaikan sebagai umpan balik bagi semua SKPD sehingga perencanaan maupun pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah ke depannya akan semakin baik.

(Bid. Pengendalian dan Evaluasi)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of