BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Sejahtera Melalui Peningkatan Daya Saing dan Perekonomian Masyarakat: Forum Lintas Perangkat Daerah Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2023

Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2023, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Forum Lintas Perangkat Daerah pada Rabu (09/03/2022) lalu. Acara yang dibuka oleh Dwi Anta Sudibya selaku Kepala BAPPEDA Kabupaten Sleman, dalam sambutannya disampaikan bahwa Forum Lintas Perangkat Daerah merupakan bagian dari perencanaan pembangunan pasca Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kapanewon untuk memastikan Perangkat Daerah dalam rel dan koridor yang benar untuk mencapai Visi dan Misi Bupati sebagaimana tercantum dalam RPJMD Kabupaten Sleman Tahun 2021-2026, yaitu “Terwujudnya Sleman Sebagai Rumah Bersama yang Cerdas, Sejahtera, Berdaya Saing, Menghargai Perbedaan, dan Memiliki Jiwa Gotong Royong”. Adapun tema pembangunan yang dipilih pada penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 adalah “Meningkatkan daya saing dan perekonomian rakyat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Sleman.” Harapannya, melalui acara ini forum dapat memberi masukan kepada masing-masing OPD agar sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran RPJMD, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sleman.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi paparan oleh 3 (tiga) Perangkat Daerah, yaitu  Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP), Dinas Perhubungan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta dimoderatori oleh Dona Saputra Ginting selaku Kepala Bidang Fisik dan Prasarana BAPPEDA Kabupaten Sleman. Taupiq Wahyudi selaku Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa DPUPKP Kabupaten Sleman mendukung prioritas pembangunan salah satunya dalam misi memperkuat infrastruktur untuk mengurangi ketimpangan wilayah melalui 3 Program Strategis yaitu, Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Pengembangan Permukiman, dan Penyelenggaraan Jalan.

Program Prioritas Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum ditempuh dengan strategi penyediaan air bersih melalui sistem perpipaan bagi masyarakat terutama di daerah langka air tanah baik oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) maupun berbasis masyarakat berupa  Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), meningkatkan kapasitas pengelola air bersih, dan memfasilitasi perusahaan daerah untuk mengembangkan layanan di kawasan perkotaan. Program Prioritas Pengembangan Permukiman ditempuh dengan strategi menciptakan kondisi permukiman yang nyaman, mengembangkan infrastruktur dasar kawasan permukiman melalui skema Kawasan Strategis Cepat Tumbuh (KSCT), melakukan penataan kawasan permukiman kumuh, dan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Sementara Program Prioritas Penyelenggaraan Jalan melalui mekanisme pembangunan jalan, pemeliharaan berkala jalan, pemeliharaan rutin jalan, pembangunan jembatan, dan pemeliharaan rutin jembatan.

Selanjutnya pemaparan oleh Arip Pramana selaku Kepala Dinas Perhubungan mengemukakan beberapa permasalahan urusan perhubungan di Kabupaten Sleman, antara lain fasilitas pendukung keselamatan (perlengkapan jalan) di jalur wisata masih kurang, belum adanya antisipasi terhadap tindakan kriminal (klitih), penerangan jalan di wilayah Sleman belum merata, daya dukung jalan semakin menurun (VC Ratio yang semakin besar), belum adanya fasilitas pendukung untuk antisipasi kendaraan ODOL (Over Dimension Over Loading), belum tersedianya terminal barang, belum tersedianya rest area, belum tersedianya feeder angkutan perkotaan, dan belum siapnya Pemerintah Kabupaten dalam proses pendelegasian perlintasan sebidang di Jalan Kabupaten. Guna menghindari adanya kecelakaan dan ketimpangan wilayah tahun 2021 Dinas Perhubungan telah memasang 25 Lampu Penerangan Jalan Umum. Dalam paparannya juga disampaikan bahwa penggunaan kendaraan masal seharusnya menjadi kebutuhan bersama untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Bebarapa inovasi Dinas Perhubungan yang telah dilaksanakan adalah SIM Pengujian Kendaraan bermotor, SIM Parkir, Smart PJU, dan Area Traffic Control System (ATCS).

Terakhir adalah paparan dari Makwan selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Dalam paparannya disampaikan bahwa Kabupaten Sleman memiliki beberapa jenis kerawanan terhadap bencana, yaitu erupsi gunung merapi, banjir lahar hujan, gempa bumi, tanah longsor, angin ribut, kekeringan, dan bencana non alam seperti kebakaran ataupun covid. Permasalahan yang dialami oleh BPBD Kabupaten Sleman di antaranya bahwa sejak 2010 sampai dengan 2020 pembangunan sarana prasarana lebih banyak disediakan ke arah tenggara merapi, namun erupsi 2021 banyak mengarah ke barat daya, dengan demikian patut dipertimbangkan untuk membangun sarana prasarana ke arah barat daya.

Dalam sesi diskusi dan tanggapan, Arif Kurniawan selaku Wakil Ketua II DPRD memberi tanggapan terkait dengan konsep RTLH dan perlunya fasilitas khusus seperti rambu pada lokasi-lokasi yang digunakan sebagai jalan pariwisata. Sementara itu Guntur Yoga Purnawan selaku perwakilan dari Komisi C DPRD berharap adanya koordinasi antara DPRD dengan OPD supaya kegiatan yang akan dilakukan dengan dinas dapat berjalan secara berkesinambungan. Ani Martanti selaku perwakilan dari Komisi A DPRD menambahkan apabila angkutan massal dapat terealisasi akan sangat efektif untuk mengurangi kejahatan klitih. Pada kesempatan tersebut Tri Nugroho selaku Wakil Ketua III DPRD menyampaikan masukan bahwa OPD harus lebih berani dalam membuat gebrakan dalam pelaksanaan pembangunan.

Melalui penyelenggaraan forum yang akan diselenggarakan sampai tanggal 21 Maret 2022 ini diharapkan pembangunan wilayah Kabupaten Sleman dapat lebih meningkatkan kolaborasi antara OPD dengan DPRD dalam proses perencanaan dan penganggaran secara lebih intensif dalam rangka perwujudan Visi dan Misi RPJMD. (RAR/***Bidang Fisik dan Prasarana)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x