RPJMD KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2016-2021 SELESAI DISUSUN

Sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 bahwa rancangan peraturan daerah tentang RPJMD kabupaten harus sudah ditetapkan menjadi peraturan daerah tentang RPJMD paling lama 6 (enam) bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik. Dengan telah dilantiknya Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman pada Tanggal 17 Februari 2016 untuk masa jabatan 2016 – 2021, maka Perda tentang RPJMD juga telah disahkan pada 16 Agustus 2016 melalui Perda No. 9 Tahun 2016.

RPJMD Kabupaten Sleman Tahun 2016-2021 merupakan penerjemahan visi yang diusung oleh Bupati Sleman yaitu “Terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya dan terintegrasikannya sistem e-government menuju smart regency pada tahun 2021”. Visi tersebut akan dicapai melalui 5 misi yaitu:

  1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas birokrasi yang responsif dan penerapan e-govt yang terintegrasi dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat
  2. Meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan menjangkau bagi semua lapisan masyarakat
  3. Meningkatkan penguatan sistem ekonomi kerakyatan, aksesibilitas dan kemampuan ekonomi rakyat, serta penanggulangan kemiskinan
  4. Memantapkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan sumberdaya alam, penataan ruang, lingkungan hidup dan kenyamanan
  5. Meningkatkan kualitas budaya masyarakat dan kesetaraan gender yang proporsional

Dokumen RPJMD ini disusun setelah melewati suatu proses yang panjang dan komprehensif dengan memperhatikan semua aspek yang ada baik itu aspek internal maupun eksternal guna mencapai tujuan yang diharapkan pada akhir periode RPJMD yaitu tahun 2021. Program-program prioritas yang disusun juga telah mengakomodir usulan masyarakat dan stakeholders serta hasil dari pembahasan bersama SKPD, DPRD Sleman, maupun Pemerintah Daerah DIY.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of