BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Sleman tahun 2021

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis pada anak yang disebabkan asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu lama. Stunting sebenarnya terjadi sejak dalam kandungan ibu dan baru terlihat pada saat anak berusia dua tahun yaitu pada seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK). Oleh karena itu, diperlukan intervensi penurunan stunting terintegrasi yang dilaksanakan melalui 8 aksi konvergensi yaitu analisis situasi program penurunan stunting, penyusunan rencana kegiatan, rembuk stunting, peraturan Bupati/Walikota tentang peran desa, Pembinaan Kader Pembangunan Manusia, Sistem Manajemen Data Stunting, Pengukuran dan Publikasi Data Stunting, serta Review Kinerja Tahunan.

Pada tahun 2021, Kabupaten Sleman ditunjuk sebagai lokus penanganan stunting. Dalam rangka melaksanakan salah satu 8 Aksi Konvergensi Stunting, Dinas Kesehatan bersama Bappeda Kabupaten Sleman mengadakan acara Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Sleman yang dilaksanakan di Grha Sarina Vidi, Jl. Magelang KM 8 Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, pada hari Kamis (25/03/2021). Acara Rembuk Stunting ini dihadiri oleh Bupati, DPRD, Perangkat Daerah terkait, termasuk Pemerintah Kalurahan dan Pemangku Kepentingan lainnya. Dalam kesempatan ini Ibu Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman, memberikan arahan sekaligus menandatangani Pernyataan Komitmen Penanggulangan Stunting Terintegrasi, diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Pelaksanaan Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Sleman oleh perwakilan peserta yang hadir.

Secara umum tujuan dilaksanakannya Rembuk Stunting antara lain: 1) Menyampaikan hasil Analisis situasi dan kebijakan penanggulangan stunting terintegrasi Kabupaten Sleman; 2) Menyepakati Rancangan Rencana Kegiatan Intervensi Penanggulangan Stunting Terintegrasi di Kabupaten Sleman; 3) Mendeklarasikan komitmen Pemerintah Daerah dan membangun komitmen publik dalam kegiatan penurunan stunting secara terintegrasi di Kabupaten Sleman. Dengan adanya komitmen dan program/kegiatan terintegrasi dari semua unsur, diharapkan kasus stunting di Kabupaten Sleman semakin menurun. (***ANN/Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of