BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

REALISASIKAN MASTERPLAN MINAPOLITAN DI NGEMPLAK, BAPPEDA ADAKAN FOCUS DISCUSSION GROUP (FGD)

Pada hari Kamis, tanggal 5 April 2012 bertempat dirumah makan dan pemancingan Ledok Gebang, Wedomartani diselenggarakan Focus Discussion Group (FGD) dengan kelompok petani ikan di Kecamatan Ngemplak. Hadir dalam acara ini Turut hadir dalam acara ini Camat Ngemplak, Musta`in Aminun, SH, Rita Probowati, ST, MT, Kepala Subbidang Tata Ruang Perdesaan Bappeda Kabupaten Sleman, perwakilan dari  40 kelompok budidaya ikan di Ngemplak serta Dr. Ir. Triyanto M.Sc , selaku nara sumber.  Focus Discussion Group (FGD) ini diselenggarakan dalam rangka menyusun masterplan kawasan minapolitan di Kecamatan Ngemplak.

Dalam sambutannya, Rita Probowati, ST, MT mengatakan bahwa Sesuai dengan SK  Menteri  Kelautan  dan Perikanan No 32 Tahun 2010 bahwa salah satu propinsi di Indonesia, yaitu DIY ditunjuk sebagai  salah satu kawasan minapolitan. Di Yogyakarta selain Sleman, kabupaten lain yang ditunjuk sebagai kawasan minapolitan adalah Kabupaten Gunungkidul.  Kawasan minapolitan di Kabupaten Sleman telah dikukuhkan dengan terbitnya Keputusan Bupati No 215/Kep.KDH/A/2010 tentang Penetapan Kecamatan Berbah Sebagai Kawasan Minapolitan dan Keputusan Bupati No 216/Kep.KDH/A/2010 tentang Penetapan Kecamatan Ngemplak Sebagai Kawasan Minapolitan.

Lebih lanjut , Rita Probowati, ST, MT, mengemukakan bahwa mengingat program kawasan minapolitan ini merupakan program dari pemerintah pusat, maka pemerintah pusat siap untuk memberikan bantuan sarana prasarana pendukunngnya. Salah satu persyaratan pengajuan bantuan tersebut adalah adanya rencana tataruang wilayah atau kebijakan ditingkat kabupaten untuk pengembangan kawasan minapolitan tersebut.  Kebijakan tersebut diakomodasikan dalam rencana tata ruang wilayah yang hingga kini masih draft. Apabila  tidak ada halangan diharapkan pada tahun 2012  ini draft tersebut bisa di setujui atau diperdakan. Dengan demikian keberadaan Masterplan minapolitan ini sangat ditunggu oleh pemerintah pusat.

Sementara itu Camat ngemplak, Musta`in Aminun, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa Ngemplak dicanangangkan sebagai kawasan minapolitan dengan SK bupati sejak bulan Juni 2010. Di Ngemplak saat ini terdapat sekitar 40 kelompok petani ikan yang anggotanya berjumlah 764 orang. Diprekdisiklan kedepan jumlah kelompok petani ikan di Ngemplak akan bertambah 20 an kelompok dengan jumlah anggota sekitar 1.000 orang.  Ini  merupakan potensi yang luar biasa.

Lebih lanjut Musta`in Aminun, SH menyampaikan bahwa potensi untuk mengembangkan perikanan di Ngemplak masih sangat terbuka luas. Terlebih lagi pangsa pasarnya masih potensial. Berdasarkan data dari dinas pertanian Sleman konsumsi ikan di Sleman pertahun perkapita mencapai 25,95 kg. Mengingat sedemikian saranya potensi ikan di sleman diharapkan para petani ikan menjadikan profesi ini sebagai mata pencaharian pokok dan bukannya sampingan.  Sehingga potensi yang ada benar-benar dapat dioptimalkan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. Ir. Triyanto M.Sc , dan diteruskan dengan dialog. * * *

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of