BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Prasarana dan Sarana Umum Perumahan Untuk Masyarakat: Sebuah Proses Serah Terima PSU dari Developer Kepada Pemerintah Daerah

Undang-Undang No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Permukiman menyebutkan bahwa perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan, sedangkan permukiman adalah bagian dari lingkungan hidup di luar kawasan lindung, baik yang berupa kawasan perkotaan maupun perdesaan yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan. Perumahan dan permukiman merupakan kebutuhan dasar manusia.

Dalam usahanya mengembangkan perumahan, developer, selain memiliki kewajiban untuk memperoleh berbagai macam perizinan, juga memiliki kewajiban untuk menyediakan fasilitas umum dan fasilitas sosial sesuai dengan ketentuan yang disepakati bersama dengan pemerintah daerah melalui penyusunan dokumen site plan sebagai syarat utama.

Fasilitas umum dan fasilitas sosial pada perumahan harus terjaga ketersediaan, fungsi, dan keberlanjutannya agar kualitas perumahan dapat terjaga dengan baik dan tidak menimbulkan kawasan kumuh. Dalam menjaga keberlanjutan fungsi dan kualitas fasilitas umum dan fasilitas sosial perumahan, developer wajib melakukan pemeliharaan terhadap berbagai fasilitas yang ada. Pada saat seluruh fasilitas umum dan fasilitas sosial telah tersedia serta unit hunian dalam perumahan telah terjual, developer dapat menyerahkan pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas yang merupakan Prasarana dan Sarana Umum (PSU) tersebut kepada pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Sleman.

Dikoordinasikan oleh Bidang Perumahan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman, pada hari Senin (17/11), bersama dengan BAPPEDA, Badan Keuangan dan Administrasi Daerah (BKAD), Bidang Pembangunan, Sekretariat Daerah serta Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Sleman mengadakan survei lapangan terkait dengan penyerahan prasarana dan sarana serta utilitas umum (PSU) Perumahan Lembayung Residence yang dikembangkan oleh PT Nirmana Utama di Padukuhan Mejing Kidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Aset yang direncanakan untuk diserahkan kepada Kabupaten Sleman yaitu berupa lahan seluas 2.524 m2 yang terdiri dari  bangunan prasarana dan sarana umum, jalan dan saluran seluas 2.164,50 m2, taman bermain/pendopo seluas 231,50 m2, serta taman hijau seluas 132 m2. Terdapat pula pagar pengaman dengan volume 639,08 m, penerangan jalan sebnayak 43 unit, dan sumur resapan sebanyak 43 unit. Aset PSU tersebut terletak pada lahan yang terdiri dari 3 sertifikat dengan jumlah 44 kavling tanah.

Berdasarkan hasil survei lokasi, dari total jumlah 44 kavling tanah di Perumahan Lembayung Residence sebanyak 43 kavling sudah terbangun. Untuk fasilitas sarana, prasarana umum dan utilitas umum dalam kondisi baik, selain itu persentase minimal yang ditentukan sebesar 30% bagi pengembang untuk memenuhi fasilitas umum dan fasilitas sosial sudah dapat dipenuhi. Dengan demikian, proses penyerahan tanah dan bangunan prasarana, sarana dan utilitas umum hanya tinggal menunggu pengalihan aset untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman yang disertai dengan balik nama sertifikat. (***Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of