Bappeda Sleman Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, surel: bappeda@slemankab.go.id, website: http://bappeda.slemankab.go.id

Praktik Baik Pengelolaan Air Limbah Domestik di Kabupaten Sleman

Penyediaan akses sanitasi merupakan kewenangan konkuren dan merupakan salah satu Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus disediakan oleh pemerintah (Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah). Guna meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam pengelolaan air limbah domestik, diperlukan pendampingan dan peningkatan kapasitas dalam perencanaan, pemograman, pelaksanaan, serta pemanfaatan dan pengembangan pengelolaan air limbah domestik. Oleh karena itu, Direktorat Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan peningkatan kapasitas pemerintah daerah melalui pembelajaran horizontal.

Kegiatan pembelajaran horizontal dilakukan pada 31 Oktober – 3 November 2023 yang berisi serangkaian acara berupa sesi sharing praktik baik dan kunjungan lapangan. Sebagai perwakilan dari Kabupaten Sleman, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sleman didapuk sebagai narasumber sesi sharing praktik baik dengan tema pengelolaan air limbah domestik terpadu. Dalam sesi sharing tersebut, BAPPEDA Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Dona Saputra Ginting memaparkan kondisi pengolahan air limbah domestik, tantangan, serta strategi penanganannya.

Dona menyampaikan bahwa strategi pengelolaan limbah domestik di Kabupaten Sleman ditempuh melalui skema pengelolaan limbah domestit setempat dalam hal ini septictank biofil maupun IPAL komunal, dan pengelolaan limbah domestik terpusat yaitu SPALD-T Nologaten, IPAL Berbah, dan IPA Sewon di Bantul.

Selain sebagai narasumber, BAPPEDA Kabupaten Sleman juga berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan kunjungan lapangan ke Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALD-T) Skala Perkotaan Depok di Padukuhan Nologaten, Kapanewon Depok. Dalam kegiatan kunjungan lapangan ke SPALD-T Depok ini, peserta pembelajaran horizontal mendapatkan penjelasan terkait profil, skema pengolahan, dan retribusi pengolahan limbah cair yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman dan BAPPEDA Kabupaten Sleman.

SPALD-T Depok merupakan strategi Kabupaten Sleman dalam mengatasi permasalahan sanitasi air limbah domestik. SPALD-T ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya pada tahun anggaran 2020. Pembangunan instalasi pengolahan dilakukan di atas tanah kas desa seluas kurang lebih 4.000 m2 dengan anggaran sebesar Rp31,9 miliar melalui dana APBN yang terdiri atas bangunan IPAL, bangunan pendukung IPAL, dan sistem jaringan meliputi jaringan induk, lateral, servis, dan sambungan rumah (SR). Operasional infrastruktur ini dimaksudkan untuk meningkatkan layanan sanitasi masyarakat dan mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh air limbah domestik yang dibuang langsung ke badan air maupun permukaan tanah. Melalui kunjungan lapangan ini, diharapkan pembelajaran horizontal dapat berjalan efektif karena stakeholder dapat berdiskusi serta melihat secara langsung kondisi lapangan, serta memberikan pengetahuan bagi pemerintah daerah lainnya dalam pengelolaan air limbah domestik di kabupaten/kota masing-masing.

~ DRA/Bidang Fisik dan Prasarana ~

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x