BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

PENYELENGGARAAN MUSRENBANG RKPD KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015

PenyelenggaraanMusrenbanginimerupakan forum strategis untuk melakukan musyawarah membahas aktivitas pembangunan daerah Sleman yang akan dilaksanakan pada tahun 2016. Perencanaan pembangunan tahun 2016 diharapkan dapat dilakukan dengan lebih cermat dan terkoordinasi. Perencanaan pelaksanaan kegiatan pembangunan diharapkan dapat mengantisipasi dan menjawab permasalahan yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Demikian yang disampaikan Bupati Sleman, Sri Purnomo pada pelaksanaan Musrenbang tersebut. Musrenbang Kabupaten dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 25 Maret  2015 sampai dengan tanggal 26 Maret 2015 bertempat di Aula Bappeda Sleman.

Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2015 diikuti oleh 200 orang peserta yang berasal dari Kepala SKPD se kabupaten Sleman, Para Camat, perwakilan dari perguruan tinggi, LSM, perwakilan profesi dan para tokoh masyarakat. Sleman serta dihadiri oleh forum pimpinan daerah, perwakilan Bappeda dari kabupaten/kota se DIY dan daerah perbatasan.

Lebih lanjut Bupati Sleman, Sri Purnomo mengungkapkan bahwa Dari data tahun 2014, jumlah penduduk miskin mengalami penurunan 2.04% dari 13,89% menjadi 11,85%. pertumbuhan ekonomi juga mengalami peningkatan dari 5,7% menjadi 5,81%. Namun demikian angka putus sekolah pada semua jenjang pendidikan mengalami peningkatan. Jenjang SD meningkat 13, jenjang SMPP 4 dan SMA/SMK menjadi 13. Dari data tersebut, dapat diasumsikan sementara, bahwa terdapat faktor lain selain pertumbuhan ekonomi yang mempengaruhi peningkatan angka putus sekolah. Hal inilah yang harus mendapat perhatian serius agar angka putus sekolah segera dapat diturunkan kembali.

Bupati Sleman, Sri Purnomo  juga menyampaikan bahwa Tema Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman tahun 2016 ini adalah ”Memantapkan Kondisi Perekonomian Daerah Menuju Kemandirian untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”. Sedangkan rumusan prioritas pembangunan tahun 2016 yang telah diselaraskan dengan  NAWACITA yaitu :

  1. Meningkatkan keamanan dan ketertiban
  2. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih   dan efektif serta kualitas pelayanan publik.
  3. Pemerataan pembangunan sampai ke tingkat desa
  4. Memperkuat penegakkan hukum.
  5. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  6. Meningkatkan produk dan produktifitas rakyat dan      daya saing di pasar internasional.
  7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan      menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi         lokal.
  8. Meningkatkan kualitas pendidikan karakter.
  9. Meningkatkan kerukunan masyarakat dengan             mengangkat kebudayaan lokal.

Dari rumusan prioritas tersebut, Bupati mengingatkan kepada seluruh peserta Musrenbang pada hari ini bahwa untuk meningkatkan produktifitas masyarakat dan daya saing di pasar internasional perlu dilakukan upaya yang sinergis dan terintegrasi dari SKPD terkait. Kualitas SDM serta pengendalian mutu produk harus selalu ditingkatkan agar berdaya saing.

 

Dalam laporannya Kepala Bappeda Sleman Intriati Yudatiningsih menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2015  ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan guna mewujudkan tujuan pembangunan daerah.  Namun yang tidak kalah pentingnya adalah melalui Musrenbang ini Pemkab Sleman mendapatkan saran dan masukan dari masyarakat guna menyempurnakan rancangan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta rencana kerja yang pendanaannya berasal dari APBD Kabupaten, APBD Pemerintah DIY dan APBN tahun 2016 serta Dana Keistimewaan Tahun 2017.

Lebih lanjut Intriati Yudatiningsih mengatakan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2015 dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama berupa acara pembukaan yang berisi laporan penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2015 oleh Kepala Bappeda Sleman Intriati Yudatiningsih, kemudian dilanjutkan dengan dengan sambutan dan pengarahan kebijakan rancangan RKPD oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang. Selanjutnya acara pembukaan diisi dengan paparan Rancangan RKPD DIY Tahun 2015 oleh Kepala Bidang Ekonomi Bappeda DIY, Ir. Sugeng Purwanto, MMA yang mewakili Kepala Bappeda DIY.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sidang pleno I yang berupa paparan bidang pemerintahan oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Sunaryo, SH, M.Kn paparan bidang pembangunan oleh Asisten Sekda Bidang Pembangunan Dra. Suyamsih, M.Pd dan paparan bidang ekonomi dan kesra oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi R. Djoko Handoyo, S.H.  Bertindak selaku moderator pada sidang pleno I ini adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, dr. Sunartono, M.Kes

Pada hari ke dua pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2015 pada tanggal 26 Maret 2015 dilaksanakan sidang kelompok. Pada sidang kelompok ini peserta dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, yakni Kelompok Pemerintahan dengan pimpinan sidang Asekda Bidang Pemerintahan  dan bertindak sebagai koordinator Kepala Bidang Perencanaan, Statistik dan Litbang Erny Maryatun, S.IP, MT , Kelompok pembangunan dengan pimpinan sidang  Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan koordinator  Kepala Bidang Ekonomi Rahmat Suryono, S.Sos, MM dan Kepala Bidang  Sosial dan Pemerintahan Drs. Pranama, M.Si

Seusai sidang kelompok acara kemudian dilanjutkan dengan sidang pleno II yang diikuti oleh seluruh peserta dan diakhiri dengan pendatanganan berita acara hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2015 oleh perwakilan dari peserta. * * * (Sekretariat)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of