PENYADARAN PUBLIK TERHADAP PROFIL SOSIAL EKONOMI TEKNIK DAN KELEMBAGAAN

Dalam rangka penguatan terhadap eksistensi Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) di Kabupaten Sleman, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Workshop Penyadaran Publik Terhadap Profil Sosial Ekonomi Teknik dan Kelembagaan pada hari Selasa, 09 April 2019 di Balai Desa Tirtomartani, Kalasan, Sleman. PSETK adalah gambaran informasi atau data mengenai keadaan sosial, ekonomi, teknis, dan kelembagaan pada suatu daerah irigasi yang dibutuhkan oleh Kelembagaan Pengelola Irigasi (KPI) untuk proses perencanaan program dalam meningkatkan kinerja pengelolaan irigasi partisipatif.

Pembicara dalam penyadaran publik diisi oleh:

  1. Dr. Murtiningrum dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM menyampaikan tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Irigasi Partisipatif
  2. Warjoyo, ST dari Dinas PUPKP Kabupaten Sleman menyampaikan tentang Pengelolaan Irigasi
  3. Sunaryo, dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan menyampaikan Kebijakan Pembinaan P3A dan GP3A di Kabupaten Sleman

Pelaksanaan kegiatan PSETK perlu dilaksanakan secara tepat sehingga diperoleh informasi yang akurat, aktual dan tepat untuk merencanakan suatu program menuju peningkatan kinerja pengelolaan irigasi partisipatif pada suatu daerah irigasi. Kegiatan diharapkan dapat mencapai keadaan organisasi P3A/GP3A yang dinamis. Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk mengantisipasi musim kemarau tahun 2019 yang diawali pada awal bulan Mei dan mencapai puncaknya pada bulan Agustus-September 2019. (***Bidang Fispra)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of