Peningkatan Kinerja Pengelolaan Irigasi Partisipatif melalui Penyusunan PSETK

Kegiatan Penyusunan Profil Sosial Ekonomi Teknik dan Kelembagaan (PSETK) merupakan kegiatan lanjutan dari Program Pengelolaan Sumber Daya Air dan Irigasi atau Water Resources and Irrigation Sector Management Program (WISMP). Tujuan dari Program WISMP adalah untuk meningkatkan kapasitas dalam hal pengelolaan sumber daya air wilayah sungai dan irigasi serta meningkatkan produktivitas pertanian di lahan beririgasi. Penyusunan PSETK bertujuan untuk mengumpulkan data dasar penyusunan rencana dan program peningkatan kinerja pengelolaan irigasi partisipatif pada suatu sistem daerah irigasi.

Dalam satu sistem irigasi dikelola oleh satu lembaga pengelola irigasi (one river, one plan, one management) sehingga tidak dikuasai sekelompok orang atau lembaga tertentu, maka dalam hal ini dibentuk Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Dibentuknya Kelompok P3A adalah sebagai lembaga yang menjembatani kepentingan pemakai air untuk sektor pertanian, perikanan, peternakan dan sektor ekonomi lain yang ditujukan untuk mengelola irigasi demi kemanfaatan bersama. Salah satu peran P3A adalah melakukan penelusuran untuk mengindentifikasikan kerusakan-kerusakan, usulan rencana perbaikan, menyusun jenis-jenis pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh P3A/GP3A/IP3A, dan skala prioritasnya. Selain itu P3A juga dapat mengusulkan ke OPD terkait untuk peningkatan dan pemeliharaan irigasi.

Kegiatan Penyusunan PSETK merupakan lanjutan dari kegiatan pelatihan PSETK kelompok P3A yang telah dilaksanakan pada tanggal 22–23 April 2019. Kegiatan penyusunan untuk kelompok P3A diawali dengan penelusuran jaringan irigasi dengan tujuan memperoleh data keadaan lokasi daerah irigasi bersangkutan. Kegiatan selanjutnya dilakukan penyusunan profil berupa pengisian formulir isian Profil Sosial Ekonomi Teknis Kelembagaan. Kegiatan juga disertai identifikasi dan penyampaian permasalahan kelompok P3A setempat. Serangkaian pelaksanaan penelusuran dan penyusunan PSETK yang dimulai dari tanggal 8–18 Juli 2019 dilaksanakan oleh:

  1. Kelompok P3A Sari Mawar, Kalibulus, Bimomartani, Ngemplak
  2. Kelompok P3A Sumber Rejeki, Ngajek, Tirtomartani, Kalasan
  3. Kelompok P3A Tirto Lestari, Karang Krebet, Bimomartani, Ngemplak
  4. Kelompok P3A Tirto Rukun, Karang Kalasan, Tirtomartani, Kalasan (***Bidang Fispra/DNA)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of