BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Penguatan Ekonomi Rakyat melalui PISEW di Kabupaten Sleman

Kegiatan PISEW merupakan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa. Kegiatan PISEW didasarkan pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 167/KPTS/M/2020 tentang Penetapan Lokasi Serta Besaran bantuan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Tahun Anggaran 2020. Melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema padat karya, yang salah satunya adalah Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan.

Kabupaten Sleman medapatkan 16 (enam belas) alokasi kegiatan PISEW yang tersebar di 4 (empat) Kecamatan yaitu di Kecamatan Minggir berupa pengembangan infrastruktur dalam bentuk kegiatan pembangunan kios di desa Sendangmulyo dan Sendangagung serta pembangunan los Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa Sendangrejo. Sementara Kecamatan Tempel mendapat alokasi pembangunan infrastruktur berupa jalan perkerasan beton beserta talud jalan di Desa Mororejo dan Banyurejo serta jalan perkerasan beton, talud jalan, drainase jalan, dan paving area parkir wisata di Desa Sumberrejo. Pengembangan infrastruktur di Kecamatan Ngaglik berupa Pendopo Pendukung Wisata Budaya di Desa Sariharjo, pendopo pendukung wisata embung Jetis di Desa Donoharjo, dan los kuliner di Desa Sardonoharjo. Kecamatan Berbah mendapatkan alokasi kegiatan berupa Irigasi Tersier di Desa Kalitirto, Sendangtirto dan Tegaltirto.

Salah satu syarat kegiatan tersebut adalah kelengkapan perizinan berupa IPPT Usaha, IMB dan izin pemanfaatan TKD dari Gubernur. Menindaklanjuti hal tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman mengadakan Rapat Koordinasi membahas Perizinan Kegiatan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di Kabupaten Sleman Tahun 2020 pada hari Rabu, 24 Juni 2020 bertempat di Ruang Rapat Sinom BAPPEDA Sleman. Acara rapat koordinasi  tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Sleman, Kepala Bidang Pertanahan dan Tata ruang DPTR Kabupaten Sleman, Kasubid PUPKP Bappeda Kabupaten Sleman,  Kasubid Perizinan Bangunan Gedung DPMPPT Kab Sleman, Perwakilan dari Balai Permukinan dan Prasarana Wilayah Kementrian PUPR Daerah Istimewa Yogyakarta. Perwakilan dari Bidang Cipta Karya Dinas PUPKP Kabupaten Sleman, Fasilitator Pendamping Kecamatan Minggir, Fasilitator Pendamping Kecamatan Tempel, Fasilitator Pendamping Kecamatan Ngalik, dan Fasilitator Pendamping Kecamatan Berbah.

Berdasarkan hasil koordinasi tersebut, perlu adanya tindak lanjut berupa pemenuhan persyaratan perizinan sesuai Peraturan Bupati Nomor 7.1 Tahun 2018 Tentang Tahapan Pemberian Izin. Adapun izin yang harus dipenuhi berupa izin penggunaan Tanah Kas Desa dari Gubernur DIY, Izin Peruntukan Penggunaan Tanah Usaha, dan Izin Mendirikan Bangunan. Seluruh pihak akan berkoordinasi guna percepatan pemenuhan izin dimaksud. Sehingga, hasil kegiatan PISEW diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat sebagai bentuk andil pemerintah dalam pemerataan ekonomi yang akan terus berlanjut di tahun yang akan datang. (***Bidang Fisik dan Prasarana)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x