Bappeda Sleman Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, surel: bappeda@slemankab.go.id, website: http://bappeda.slemankab.go.id

Penataan Pengelola Air Minum di Kalurahan Untuk Tingkatkan Kualitas Air Minum

Dalam rangkaian penyusunan Rancangan Peraturan Bupati terkait Kelembagaan Pengelola Air Minum Masyarakat di Tingkat Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan menyelenggarakan sosialisasi pada 23 November 2023 di Puri Mataram, Tridadi, Sleman. Sosialisasi ini diselenggarakan untuk menyampaikan rencana kebijakan pengaturan kelembagaan pengelola air minum di tingkat Kalurahan guna mendukung penataan kelembagaan Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan.

Kebijakan di dalam Rancangan Peraturan Bupati tersebut membuka peluang kepada Kelompok Masyarakat pengelola SPAMDES untuk bergabung dengan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) apabila dianggap perlu. Selain itu, rencana pengaturan kebijakan ini juga bertujuan menyeragamkan penataan administrasi kelembagaan dan teknis pengelolaan penyediaan air minum, menata struktur kelembagaan antara SPAM Perdesaan, Kalurahan, dan Pemerintah Daerah Sleman, memudahkan pembinaan kelompok SPAM Perdesaan, serta membuka peluang pemanfaatan Bantuan Keuangan Khusus bagi kalurahan untuk peningkatan dan perluasan SPAM Perdesaan.

Adapun Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sleman dalam kegiatan ini berperan sebagai narasumber dengan tema paparan Arah Kebijakan Kabupaten Sleman dalam Pengelolaan Air Minum Masyarakat di Kabupaten Sleman. BAPPEDA Kabupaten Sleman melalui pemaparan dalam sosialisasi ini menekankan bahwa Raperbup ini merupakan bagian dari upaya pengembangan air minum untuk mencapai target SDGs, RPJMN, dan RPJMD. Selain itu, juga dipaparkan gambaran kinerja SPAM Kabupaten Sleman dan isu terkait, teknis pengelolaan, dan pembinaan kelembagaan pengelolan pengelola SPAM Perdesaan. Diharapkan melalui paparan dan sosialisasi ini, Kelompok Pengelola SPAM Perdesaan dapat memahami arah kebijakan pengelolaan air minum masyarakat di Kabupaten Sleman dan urgensi Raperbup terkait Kelembagaan Pengelola Air Minum Masyarakat di Tingkat Kelurahan, sehingga dapat mendukung penyediaan air minum yang tertata, memadai, dan berkualitas.

~ DRA/Bidang Fisik dan Prasarana ~

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x