BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Pemerintah Kabupaten Sleman dan IRE Yogyakarta Sepakat Jalin Kerjasama Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan

Pemerintah Kabupaten Sleman dan Institute Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta telah menandatangani kesepakatan bersama tentang kerja sama pemberdayaan masyarakat dan kalurahan. Kesepakatan ini ditandai dengan acara penyerahan nota kesepakatan bersama, serta ditindaklanjuti dengan acara penandatanganan nota perjanjian kerja sama antara Pemkab Sleman diwakili oleh Sekretaris Daerah, Harda Kiswaya, SE, M.Si, serta Kepala Bappeda, Drs. Kunto Riyadi, MPPM, dan IRE diwakili oleh Fadjar Sudarwo, Sekretaris IRE Yogyakarta, yang bertempat di Ruang Rapat Praja 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman pada Kamis (10/08) lalu.

Kerja Sama Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan di Kabupaten Sleman yang tertuang dalam kesepakatan bersama ini dilaksanakan atas dasar kesetaraan, saling membantu, bersinergi, transparansi, dan saling menguntungkan, yang bertujuan untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa di Kabupaten Sleman. Adapun ruang lingkup dalam kesepakatan bersama ini meliputi kegiatan penyusunan kajian, isu strategis, dan rancangan kebijakan dalam rangka pembangunan kawasan dan sumber daya kalurahan di Kabupaten Sleman, serta penguatan kapasitas kalurahan dan pemberdayaan masyarakat kalurahan di Kabupaten Sleman.

Di dalam sambutannya, Kunto Riyadi menegaskan bahwa kerjasama sangat diperlukan dan membantu peningkatan peran serta masyarakat untuk ikut dalam penyelenggaraan pembangunan. Kesepakatan bersama ini menjadi dasar hokum bagi Perangkat Daerah dalam pengembangan program dan kegiatan pembangunan desa/kalurahan di Kabupaten Sleman. Sementara itu, Fadjar Sudarwo mengungkapkan bahwa bentuk kerjasama ini dapat berupa penyusunan Masterplan Desa/Kalurahan dengan tiga materi pokok utama yaitu penyusunan RPJMDes, Rencana Rinci Desa, serta Profil Desa. Pada kesempatan ini juga, Harda Kiswaya menyampaikan apresiasi kepada IRE Yogyakarta atas support program pembangunan di Kabupaten Sleman. Harapannya, program-program yang dilaksanakan sejalan dengan apa yang tertuang dalam Kesepakatan Bersama, dan kurun waktu pelaksanaan selama lima tahun dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (***PFP/Bidang Data dan Perencanaan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of