PELAKSANAAN PENGENDALIAN DAN EVALUASI TRIWULAN II TAHUN 2015

Kegiatan pengendalian dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten adalah pengendalian dan evaluasi yang berdasarkan pada Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 dimana pemerintah daerah wajib untuk melaksanakan sesuai dengan formulir-formulir yang terdapat pada Lampiran VII. Pelaksanaan pengendalian dan evaluasi tersebut saat ini telah memasuki triwulan II tahun 2015. Beberapa kegiatan pengendalian dan evaluasi telah selesai dan sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Bidang Pengendalian dan Evaluasi Bappeda.

Pada triwulan II ini, Pemerintah Kabupaten Sleman mulai memasuki babak baru pengendalian dan evaluasi dengan mulai menerapkan sistem pelaporan evaluasi secara online dan terintegrasi dengan sistem perencanaan melalui SIM Dalev (Sistem Informasi Manajemen Pengendalian dan Evaluasi). Hal ini dilakukan supaya pelaporan pengendalian dan evaluasi berdasarkan Permendagri 54/2010 yang dilakukan baik oleh Bappeda maupun seluruh SKPD dapat lebih mudah dan efisien. Untuk itu, telah dilakukan pelatihan kepada seluruh staf perencanaan di masing-masing SKPD oleh Bappeda dan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (selaku penyusun SIM) pada tanggal 29 dan 30 Juni 2015 bertempat di Aula Bappeda Sleman. Pada tahap awal pembangunan SIM Dalev ini baru beberapa jenis modul pelaporan pengendalian dan evaluasi yang telah dan akan diujicobakan (VII.I.3, VII.I.5, dan VII.H.4) dan akan menyusul modul pelaporan yang lain sehingga pelaksanaan pengendalian dan evaluasi berdasarkan Permendagri 54/2010 dapat lebih mudah dilaksanakan khususnya yang melibatkan seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Selanjutnya mulai triwulan II beberapa pelaporan telah menggunakan SIM Dalev.

Evaluasi terhadap Hasil Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sleman sampai dengan pelaksanaan Tahun ke-4 (2014) berdasarkan formulir VII.I.2 telah selesai disusun pada bulan Januari 2015. Evaluasi terhadap Hasil Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2015 triwulan II berdasarkan formulir VII.I.3 telah memasuki tahap penyusunan. Selain itu, evaluasi terhadap Hasil Rencana Kerja (Renja) SKPD tahun 2015 triwulan II berdasarkan formulir VII.I.5 juga sedang disusun oleh SKPD. Dan Pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan Rencana Kerja (Renja) SKPD tahun 2015 triwulan II berdasarkan formulir VII.H.4 juga sedang disusun oleh SKPD.

Selain pengendalian dan evaluasi yang dilakukan diatas, masih ada beberapa jenis pengendalian dan evaluasi yang juga masih dalam proses seiring dengan proses/siklus perencanaan pembangunan seperti pengendalian dan evaluasi terhadap kebijakan RKPD tahun 2016 berdasarkan formulir VII.G.5, kebijakan Rencana Kerja (Renja) SKPD tahun 2016 berdasarkan formulir VII.G.9, dan terhadap pelaksanaan RKPD 2015 berdasarkan formulir VII.H.5.

Diharapkan dengan penggunaan SIM Dalev yang terintegrasi ke dalam SIM Perencanaan Daerah dan Keuangan Daerah, maka pelaksanaan pengendalian dan evaluasi yang harus dilakukan oleh SKPD dapat lebih efisien dan kegiatan perencanaan di setiap SKPD akan senantiasa selalu terkendali berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan pada tahun berjalan.

*) Bidang Pengendalian dan Evaluasi

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of