Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2020 di Kecamatan Godean

Pada hari Rabu, 30 Januari 2019, bertempat di kantor Kecamatan Godean telah dilaksanakan Musrenbang di tingkat kecamatan hari kedua sebagai rangkaian dari kegiatan perencanaan pembangunan di Kabupaten Sleman tahun 2020. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai perwakilan SKPD Pemerintah Kabupaten Sleman, Pemerintah Desa, Polsek, Koramil, Himpaudi, PKK, Forum Anak, asosiasi difable, karang taruna, dan berbagai unsur masyarakat lainnya.

Musrenbang dibuka dengan sambutan oleh Camat Godean, Anggoro Aji Sunaryono, SH, MH dan oleh Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Kabupaten Sleman, Nunuk Hartati, SP, M.Ec.Dev. Acara dilanjutkan dengan paparan usulan program dan kegiatan pembangunan oleh Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kecamatan Godean.  Beberapa isu strategis yang perlu mendapat perhatian dalam rencana pembangunan di Kecamatan Godean antara lain: isu stunting, pernikahan dini, kemiskinan, BUMDES dan perlindungan mata air. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan strategis tersebut dan permasalahan lainnya di masyarakat, diusulkan program kegiatan yang terangkum di dalam daftar usulan Pagu Partisipatif Masyarakat (PUPM) dan Non PUPM. Untuk usulan PUPM, terdapat 13 usulan kegiatan yang bersifat pembangunan fisik dengan total usulan anggaran mencapai Rp. 1.750.500.000. Untuk pembangunan yang bersifat non fisik terdapat 29 usulan kegiatan yang tersebar di tujuh desa di kecamatan Godean dengan total usulan anggaran sebesar Rp. 702.616.000. Total usulan untuk PUPM mencapai Rp. 2.453.116.000 dengan persentase pembangunan yang bersifat fisik sebsar 71% dari total anggaran, dan non fisik sebesar 29%. Untuk susulan Non PUPM, terdapat 55 kegiatan yang tersebar di ke tujuh desa dengan total anggaran sebesar Rp. 21,579.459.290. Selain dari APBD, terdapat sumber dana lain yang bisa diakses untuk mendorong pembangunan seperti Dana Keistimewaan dan Corporate Social Responsibility dari BUMN maupun perusahaan yang ada di Godean ataupun di Kabupaten Sleman.

Setelah pemaparan usulan program dan kegiatan, Musrenbang dilanjutkan dengan diskusi dan penyerapan aspirasi dari peserta yang hadir. Berdasarkan usulan dan masukan dari peserta, masih terbuka kemungkinan untuk merevisi usulan kegiatan di kecamatan Godean tahun 2020 sampai dengan tanggal 7 Februari 2019. Acara Musrenbang ditutup dengan penandatangan berita acara antara Pemerintah Kecamatan Godean dengan perwakilan SKPD dan peserta yang hadir. Diharapkan dengan usulan program dan kegiatan tahun 2020, misi untuk mewujudkan masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri dan berbudaya dapat terlaksana. (***Bidang Ekonomi)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of