Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Ngemplak Tahun 2020

Bertempat di Pendopo Kecamatan Ngemplak, Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Ngemplak Tahun 2020 dilaksananakan pada Kamis, 31 Januari 2019. Acara ini dihadiri oleh Perwakilan OPD dan perwakilan masyarakat yang ada di Kecamatan Ngemplak (Karang Taruna, Forum Anak, Komunitas Difabel, Komunitas PAUD, Gapoktan, dan lainnya) dan di buka oleh Camat Ngemplak, Dra. Siti Wahyu Purwaningsih dilanjutkan oleh Kepala Sub Bidang Pengendalian, Ch. Rini Puspitasari, SP, M.Si.

Di dalam paparannya, Siti Wahyu Purwaningsih mengusulkan Pagu Usulan Partisipatif Masyarakat (PUPM) Kecamatan Ngemplak sebesar Rp. 3.070.000.000,- dengan menitikberatkan pada kegiatan untuk peningkatan kualitas pendidikan, mengentaskan kemiskinan, infrastruktur, pemerataan pembangunan, mewujudkan kemandirian ekonomi lokal, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan ketenteraman, ketertiban dan kenyamanan.

Usulan rencana dan kegiatan PUPM Kecamatan Ngemplak terkait infrastruktur jalan yang akan ditangani oleh Dinas PUPKP Bidang Bina Marga ternyata jalan yang diusulkan merupakan jalan desa dan tidak sesuai SK Bupati, demikian juga Bidang Pengairan bahwa nama dan lokasi belum sesuai SK Bupati, sehingga diperlukan koordinasi antara DPUPKP dan Kecamatan Ngemplak. DPUPKP menyampaikan bahwa anggaran yang dialokasikan untuk Kecamatan Ngemplak sebesar Rp 40 Milyar. Dari OPD lain seperti Disperindag, Disnaker, Dinas Sosial, DLH, meyampaikan bahwa usulan terkait kebutuhan pelatihan untuk peningkatan masyarakat belum memenuhi standar yang ditetapkan sehingga diperlukan koordinasi lebih lanjut agar rencana program dan kegiatan PUPM dapat dilaksanakan. Selain usulan PUPM, terdapat juga usulan non PUPM sebesar Rp. 10.881.246.764, BKK sebesar Rp. 5.405.000.000, serta Dana Keistimewaan DIY sebesar Rp. 2.250.000.000. (***Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Pengendalian)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *