Bappeda Sleman Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, surel: bappeda@slemankab.go.id, website: http://bappeda.slemankab.go.id

Musrenbang RKPD Kapanewon Turi: Kolaborasi Stakeholder Untuk Pembangunan Berkualitas

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kapanewon Turi digelar dengan lancar pada Senin (05/02/2024) di Omah Partoredjan, Desa Wisata Pancoh, Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi. Forum tahunan ini merupakan momentum penting dalam menetapkan arah pembangunan untuk tahun mendatang, dengan fokus utama pada program-program prioritas yang diusulkan oleh kalurahan.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Perwakilan Panewu Kapanewon Turi, Anggota DPRD Kabupaten Sleman H.R. Sukaptana, S.H. dan Agus Riyanto, S.Si., Muspika Kapanewon Turi, Danramil, dan berbagai OPD terkait, salah satunya Bappeda Kabupaten Sleman. Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari setiap kalurahan beserta jajarannya, serta tokoh masyarakat yang turut andil dalam mewujudkan usulan program yang baik dari berbagai sektor.

Dalam paparan pembukaan, Panewu Anom Kapanewon Turi, Azwar Effendi, SH, M.M., menyampaikan program-program usulan melalui mekanisme Pagu Usulan Partisipatif Masyarakat (PUPM) Tahun 2025. Terdapat 77 program usulan berdasarkan kebutuhan pembangunan di Kapanewon Turi dari berbagai sektor.

Selanjutnya, pemaparan dilanjutkan oleh Dona Saputra Ginting, ST., MES., MAP., selaku perwakilan Bappeda Sleman, terkait visi dan misi RPJMD 2021-2026, capaian kinerja makro, hingga tema pembangunan yang diusung dalam Musrenbang RKPD Tahun 2025, yakni “Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing untuk Kesejahteraan yang Merata”. Dalam kesempatan ini, juga disampaikan pentingnya Kapanewon Turi untuk melakukan program prioritas, khususnya penanganan keluarga miskin yang tepat sasaran. Penyampaian usulan program-program lainnya yang dapat menyokong pembangunan Kapanewon Turi juga dapat dilakukan dengan kelengkapan dokumen yang baik sesuai dengan readiness criteria yang berlaku.

DPRD Kabupaten Sleman Agus Riyanto, S.Si. turut menanggapi usulan program dari Kapanewon Turi serta menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat melalui mekanisme PUPM dalam RKPD Tahun 2025. Dalam hal ini, seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat diminta untuk ikut serta dalam proses monitoring dan evaluasi program prioritas yang akan dilakukan.

Diskusi yang berjalan memberikan ruang bagi berbagai pihak untuk penyampaian tanggapan, gagasan, serta masukan dari berbagai pihak untuk keberlangsungan dan keberhasilan rencana program pembangunan di Kapanewon Turi. Salah satu sorotan dalam diskusi adalah program prioritas yang disampaikan oleh Lurah Girikerto, H. Sudibya, S. Pd., tentang pemanfaatan lahan dan potensi daerah melalui program pengadaan agrowisata buah sebagai terobosan pembangunan baru yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dari hasil diskusi tersebut, terlihat adanya komitmen yang kuat dari semua pihak untuk mengatasi tantangan-tantangan pembangunan yang dihadapi, baik dalam hal mengurangi kemiskinan, memperkuat infrastruktur, memperkuat ketahanan ekonomi, meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, maupun dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan kelestarian budaya, sesuai dengan prioritas pembangunan tahun 2025. Kerjasama yang erat antara pemerintah, masyarakat, dan sektor-sektor lainnya diharapkan akan menjadi pendorong utama dalam mengimplementasikan program-program strategis yang telah disepakati sehingga Kapanewon Turi dapat terus maju menuju arah pembangunan yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

~ AZA/Bidang Fisik dan Prasarana ~

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x