BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Musrenbang Kapanewon Berbah Sebagai Momentum Masyarakat Merumuskan Upaya Mempercepat Kebangkitan Ekonomi dan Pemulihan Kondisi Sosial Masyarakat Sleman

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sleman Tahun 2022 di Kapanewon Berbah dilaksanakan di Pendopo Kapanewon Berbah pada hari Kamis, 4 Februari 2021, merupakan rangkaian dari proses penyusunan perencanaan pembangunan di Kapanewon Berbah untuk tahun anggaran 2022. Acara ini dihadiri oleh Panewu Berbah, Muspika Kapanewon Berbah, Anggota DPRD Kabupaten Sleman, Kepala Bidang Data dan Perencanaan Daerah Bappeda Sleman, perwakilan Perangkat Daerah serta para Lurah di wilayah Kapanewon Berbah dan perwakilan tokoh-tokoh masyarakat di Kapanewon Berbah.

            Dalam sambutannya, Panewu Berbah mengemukakan bahwa Musrenbang RKPD ini merupakan momentum bagi masyarakat untuk menyampaikan usulan-usulan kebutuhan/kegiatan pembangunan di wilayahnya, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan ini

Di akhir sambutan, Panewu Berbah menyampaikan permohonan maaf atas adanya pembatasan peserta dalam forum ini, hal ini dikarenakan adanya pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM) dari Pemerintah Pusat dan Provinsi, serta Daerah.

Dalam forum ini, narasumber dari anggota DPRD Kabupaten Sleman, Dedie Kusuma, S.E. menyampaikan mekanisme usulan masyarakat yang dapat diwadahi melalui pokok-pokok pikiran (POKIR) DPRD dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Hal senada juga diutarakan oleh anggota DPRD dari Gerindra, M. Arif Priyosusanto, S.Si bahwa mekanisme pengusulan melalui jalur tersebut sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Usulan-usulan tersebut akan dikawal oleh DPRD agar dapat terealisasi. Ditambahkan oleh Anggota DPRD dari PAN, H. ARDI, S.Ag., M.MPAR., M.M. dalam forum tersebut mengajak masyarakat di Kapanewon Berbah untuk bersama-sama dan bersinergi dalam membangun serta mengembangkan Kapanewon Berbah menjadi lebih baik. Selain itu, untuk mempercepat kebangkitan ekonomi, kegiatan-kegiatan tidak hanya difokuskan pada infrastruktur fisik, akan tetapi diarahkan juga kepada kegiatan non fisik dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat agar mampu meningkatkan keahlian dan taraf hidup masyarakat.

Kepala Bidang Data dan Perencanaan Daerah (Bappeda), Nur Fitri Handayani, S.STP, M.Si menyampaikan mengenai Tema Pembangunan 2022 Kabupaten Sleman yaitu Mempercepat Kebangkitan Ekonomi dan Pemulihan Kondisi Sosial Masyarakat Sleman. Harapannya adalah dengan tema ini prioritas program dan kegiatan diarahkan mempercepat kebangkitan ekonomi pasca pandemik covid-19 di Kabupaten Sleman.

Pada tahun ini seluruh usulan kegiatan harus di input melalui aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahanan Daerah) yang merupakan aplikasi perencanaan pemerintahan yang dibangun oleh Kementerian Dalam Negeri. Lebih lanjut ditambahkan sekilas mengenai mekanisme usulan kegiatan yang bersumber dari PUPM, BKK Desa, dan BKK Dana Keistimewaan. (***EAP/Bidang Data dan Perencanaan Pembangunan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of