BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Monitoring KKN di Kecamatan Sleman dan Minggir

Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda, pada hari Selasa, 17 Maret 2020 melakukan monitoring kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa UMY di Kecamatan Sleman dan Kecamatan Minggir. Kegiatan monitoring ini, yang merupakan upaya koordinasi dengan Kecamatan dan Desa tempat mahasiswa KKN tersebut ditempatkan, bertujuan untuk mengetahui respon/pernyataan dari aparat Desa sebagai lokasi KKN dilaksanakan.

Lokasi KKN di Kecamatan Sleman berada di Desa Trimulyo tepatnya di Padukuhan Klelen dan Padukuhan Kalirase. Penyuluhan kesehatan dan lingkungan seperti Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cek Kesehatan merupakan Program-program dari Mahasiswa KKN khususnya yang berkaitan dengan bidang kesehatan, yang sangat membantu dan dirasakan banyak manfaatnya oleh masyarakat.

Sementara itu di Kecamatan Minggir, KKN dilaksanakan di Desa Sendangsari. Ada dua padukuhan yang diarahkan untuk menjadi tempat berlangsungnya KKN, yaitu Padukuhan Pranan dan Padukuhan Parakan Kulon. Kedua padukuhan tersebut sengaja dijadikan lokasi KKN untuk medukung program dari desa untuk menjadi Desa Unggulan. Program dan kegiatan KKN di dua padukuhan ini adalah Penyulihan PHBS, Penyuluhan dan penelitian kedaruratan di dalam rumah tangga (penanganan saat terkena gigitan ular), senam sehat, penyuluhan penyakit tidak menular dan pencegahannya, penyuluhan stunting dan imunisasi, pemeriksaan kesehatan, sambang warga lanjut usia dan warga sakit, penyuluhan mencuci tangan terhadap anak-anak sekolah dan warga sekitar, serta E-commerce melalui media social (Facebook dan Instagram). (***Bidang Litbangdal)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of