Ir. Ratnani Hidayati, MT, selaku Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian di dampingi oleh Christiana Rini Puspitasari, SIP, M.Si (Kasubbid Pengendalian), hari Jumat, 23 Maret 2018 menerima tamu dari Badan Perencaaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mojokerto, Jawa Timur.  Bpk. Dwi Purwoko, SH, selaku ketua Rombongan yang berjumlah 3 orang tersebut menjelaskan tujuan dari kunjungan adalah melakukan koordinasi tentang Monitoring dan Evaluasi RKPD yang ada di Kabupaten Sleman.

Kegiatan pengendalian dan evaluasi di dalam siklus perencanaan pembangunan sangatlah penting karena hasil pengendalian dan evaluasi dapat digunakan sebagai salah satu umpan balik bagi perencanaan untuk menyusun perencanaan yang lebih tepat dan berkualitas. Sesuai dengan Permendagri No. 86 Tahun 2017 tentang TATA CARA PERENCANAAN, PENGENDALIAN DAN EVALUASI PEMBANGUNAN DAERAH, TATA CARA EVALUASI RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG DAERAH DAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH, SERTA TATA CARA PERUBAHAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG DAERAH, RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH, DAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH, bahwa tujuan dari Pengendalian dan Evaluasi perencanaan Pembangunan daerah adalah mewujudkan :

  1. Konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan dan hasil rencana pembangunan Daerah
  2. Konsistensi antara RPJPD dengan RPJPN dan RTRW Nasional
  3. Konsistensi antara RPJMD dengan RPJPD dan RTRW Daerah
  4. Konsistensi antara RKPD dengan RPJMD
  5. Kesesuaian antara capaian pembangunan Daerah dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Sedangkan tahapan Pengendalian dan Evaluasi :

  1. Pengendalian dan evaluasi terhadap Kebijakan Perencanaan Pembangunan Daerah
  2. Pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah
  3. Evaluasi terhadap Hasil Rencana Pembangunan Daerah

Dalam hal Perencanaan sampai Pengendalian dan evaluasi, Kabupaten Sleman telah menggunakan satu sistem yang terintegrasi. Di dalam sistem tersebut sudah tersedia berbagai menu aplikasi yang penggunaannya disesuaikan dengan fungsi dan ketugasan. Untuk Perencanaan dinamai Simrenda sedangkan untuk Pengendalian dan Evaluasi adalah SIMDALEV. Untuk entry data dilakukan oleh Kepala Subbidang Perencanaan dan Evaluasi yang ada di tiap-tiap SKPD, tugas Bappeda sebagai verifikator. (Bidang LitbangDal)