BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Menyusur Akses untuk Mendukung Peluang Wisata Kawasan BYP

Dalam rangka memetakan progress pemantapan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) di wilayah Kabupaten Sleman, Project Management Support (PMS) dari Borobudur-Yogyakarta-Prambanan (BYP) bersama dengan BAPPEDA Kabupaten Sleman melaksanakan peninjauan prasarana hasil pekerjaan tahun 2018-2019. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (28/05) ini merupakan bentuk dukungan terhadap BYP sebagai salah satu kawasan super prioritas nasional selain Danau Toba dan Mandalika.

Pengembangan kawasan BYP yang melibatkan Kabupaten Sleman, Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta ini merupakan salah satu kegiatan yang didanai oleh Bank Dunia. Pengembangan ini dinilai sudah pada jalur yang tepat sehingga Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh.

Peninjauan lokasi dilakukan di delapan lokasi berbeda, yaitu di ruas jalan Pakem – Prambanan, Yogyakarta – Pulowatu, Banjarharjo – Ngemplak, Nglengkong – Losari, Tempel – Pakem, Terminal Jombor, dan Jembatan Grembyangan. Selain ruas-ruas jalan dan jembatan tersebut, peninjauan juga dilakukan di beberapa lokasi strategis lain seperti Tebing Breksi dan rencana Transit Multi Fungsi (TMF) Bokoharjo, Prambanan.

Pembangunan yang dilakukan di ruas-ruas jalan di tahun 2018-2019 berupa pelebaran jalan, rehabilitasi mayor, preservasi jalan, dan peningkatan jalan. Selain itu, dilakukan juga peningkatan jembatan dan gorong-gorong struktur bawah jembatan pada Jembatan Grembyangan.

Tindak lanjut setelah dilakukan peninjauan langsung ke lokasi adalah penyusunan rumusan sebagai bahan masukan terhadap perbaikan draft final ITMP, sebelum dilaksanakan pertemuan pembahasan dengan Key Tourism Area (KTA). (***Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of