BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

MEMBEBASKAN HAMBATAN JARAK MELALUI RENCANA PENGEMBANGAN JALAN TOL – SEBUAH STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN BOROBUDUR-YOGYAKARTA-PRAMBANAN

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur dan KSBP Prambanan telah menjadi salah satu kawasan super prioritas nasional yang dikemas dalam satu kesatuan kawasan Borobudur-Yogyakarta-Prambanan (BYP). Mengingat jaraknya yang jauh, untuk menyatukan KSPN Borobutur, Perkotaan Yogyakarta dan KSPN Prambanan sebagai magnet wisata, diperlukan sebuah strategi pengembangan akses yang optimal. Strategi yang ditempuh oleh pemerintah adalah dengan pengembangan jalan bebas hambatan atau disebut juga jalan tol.  Dalam pengembangannya terdapat tiga trase, yaitu Yogyakarta-Solo, Yogyakarta-Bawen, dan Yogyakarta-Cilacap (yang menghubungkan Yogyakarta International Airport).

Sebagai bentuk koordinasi, telah diselenggarakan Rapat Desain Perencanaan Jalan Tol Yogyakarta-Solo dan Bawen-Yogyakarta yang diinisiasi oleh BAPEDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada hari Kamis (11/06) dengan melibatkan Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY, DPTR DIY, Dinas Perhubungan DIY, serta Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dalam rapat yang dilaksanakan secara daring tersebut dijelaskan oleh perwakilan dari Subdit Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hardy P. Siahaan, bahwa tahapan pengembangan jalan bebas hambatan dibagi menjadi 4 (empat) tahap, yaitu tahap ijin penetapan lokasi, tahap pembebasan lahan, tahap konstruksi, dan tahap operasional. Apabila tidak ada kendala yang berarti maka jalan tol yang menghubungkan Kawasan BYP ditargetkan akan beroperasi tahun 2025. Dari hasil perencanaan sebelumnya dipaparkan bahwa Jalan Tol Yogyakarta-Solo akan melintasi Jawa Tengah dan DIY dengan panjang jalan 91 km. Entrance dan exit jalan tol akan berupa simpang susun di beberapa lokasi di luar kawasan perkotaan dan on/off di sepanjang ringroad utara. Struktur jalan tol berupa elevated dan at-grade, menyesuaikan dengan kawasan yang dilintasi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjelaskan bahwa jalan tol Yogyakarta-Solo yang melintasi DIY tidak akan memiliki rest area di dalam trasenya, namun demikian, Kunto Riyadi selaku Kepala BAPPEDA Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman bersama dengan Pemerintah Desa dan PT TWC memiliki rencana untuk membangun sebuah Transit Multi Fungsi (TMF) yang terletak tidak jauh dari entrance/exit tol. TMF ini akan berfungsi sebagai rest area sekaligus pusat souvenir, tempat parkir, show room UKM, tourist information center, dan pusat kuliner. Rest area dengan tipe seperti ini dinilai lebih efektif dengan konsep pembangunan jalan tol di Yogyakarta yang memiliki lahan terbatas serta mengedepankan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan melintasi wilayah Kabupaten Sleman sepanjang 7,6 km. Kecamatan Mlati, Seyegan, dan Tempel, adalah wilayah yang rencananya akan dilintasi oleh jalan trase ini. Adapun Simpang Susun Banyurejo akan berada di wilayah Jawa Tengah, namun demikian Exit/Entry-nya direncanakan berada pada Desa Banyurejo di Kecamatan Tempel sehingga akan berdampak langsung terhadap Kabupaten Sleman.

Menanggapi rencana pengembangan jalan tol di wilayah DIY, pemerintah kabupaten/kota di wilayah DIY secara prinsip mendukung rencana pelaksanaannya, namun demikian pelibatan aktif pemerintah daerah kabupaten/kota sangat diharapkan agar pelaksanaan program strategis nasional pengembangan jalan tol di wilayah DIY dapat terlaksana dengan lancar dan memberikan manfaat bagi pengembangan ekonomi wilayah dan masyarakat.

Dengan demikian koordinasi antar stakeholder akan terus dilaksanakan secara bertahap baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dengan komitmen penuh sehingga rencana pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Bawen akan berjalan sesuai dengan target yang direncanakan. (***Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of