Memantapkan Hati Menuju Kepastian Perencanaan Pembangunan Bidang Fisik dan Prasarana Tahun 2021

Pembangunan daerah dilaksanakan secara sinergis dan terpadu melalui mekanisme perencanaan. Sinergitas program dan pembangunan dilakukan melalui sinkronisasi kebijakan, sasaran serta program dan kegiatan guna mencapai target sasaran pembangunan yang telah ditetapkan.

Proses pembangunan daerah diawali dengan tahapan perencanaan pembangunan yang merupakan proses untuk menentukan tindakan masa depan sesuai prioritas dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia. Tahapan perencanaan dimaksudkan untuk memperoleh kesamaan arah pembangunan sehingga konsistensi, sinergitas, efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya menjadi lebih optimal.

Sehubungan hal tersebut, untuk mendapatkan dokumen perencanaan pembangunan yang berkualitas utamanya pada perencanaan pembangunan bidang Fisik dan Prasarana, maka BAPPEDA Kabupaten Sleman melakukan konsolidasi bersama dengan 5 (lima) OPD yaitu Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman, Dinas Perhubungan, dan Dinas Lingkungan hidup untuk bersama-sama menentukan arah perencanaan pembangunan dan pengembangan wilayah Kabupaten Sleman Tahun 2021.

Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Bidang Fisik dan Prasarana dibagi menjadi beberapa Subbidang, yaitu:

  • Perencanaan dan Evaluasi Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman,
  • Perencanaan dan Evaluasi Bidang Pertanahan dan Penataan Ruang,
  • Perencanaan dan Evaluasi Bidang Perhubungan dan Lingkungan Hidup.

Adapun tahap pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu

  • Konsolidasi awal dengan OPD untuk curah gagasan mengenai pelaksanaan kegiatan dan identifikasi isu pembangunan bidang Fisik dan Prasarana
  • Survey lapangan serta analisis data primer dan sekunder terhadap pelaksanaan kegiatan dan isu pembangunan bidang Fisik dan Prasarana
  • Diskusi terpumpun hasil analisis data primer dan sekunder terhadap pelaksanaan kegiatan dan isu pembangunan bidang Fisik dan Prasarana
  • Workshop dan Paparan dari Kepala OPD tentang isu strategis bidang Fisik dan Prasarana serta rencana kegiatan sebagai solusi pemecahan isu strategis
  • Penyusunan laporan akhir Rencana Program dan Kegiatan bidang Fisik dan Prasarana

Pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2019 telah dilaksanakan konsolidasi awal dengan OPD untuk curah gagasan mengenai pelaksanaan kegiatan dan identifikasi isu pembangunan bidang Fisik dan Prasarana. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui mekanisme diskusi umum yang kemudian dipecah menjadi 3 (tiga) desk yang dibagi menurut masing-masing Subbidang.

Isu yang berkembang dalam desk Subbidang Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman adalah rencana pengembangan infrastruktur untuk mendukung kebijakan nasional dalam kerangka pengembangan perekonomian lokal dan penurunan ketimpangan wilayah.

Dalam desk Pertanahan dan Penataan ruang, isu prioritas yang didiskusikan antara lain tentang strategi pengawasan dan pemanfaatan ruang serta bagaimana memicu investasi dengan mengedepankan pembangunan berkelanjutan sejalan dengan kebijakan pengembangan perekonomian dan keberlanjutan lingkungan.

Pada desk subbidang Perhubungan dan Lingkungan Hidup berkembang isu tentang peningkatan kualitas lingkungan hidup dan perbaikan sarana dan prasarana perhubungan. (***Bidang Fispra)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of