Masyarakat Cangkringan mengusulkan serangkaian rencana pembangunan di tahun 2020

Bertempat di Pendopo Kecamatan Cangkringan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2020 diselenggarakan dengan tema “Memantapkan Potensi Ekonomi Lokal Daerah menuju Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Sleman yang Berbudaya” pada hari Rabu (30/01/2019). Acara musrenbang yang dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan pembangunan (Bappeda dan OPD terkait, Muspika, Kepala Desa, serta lembaga sosial kemasyarakatan lainnya) dibuka oleh Camat Cangkringan, Mustadi, S.Sos, MM.

Dalam sambutannya, Mustadi menyampaikan beberapa usulan rencana pembangunan untuk RKPD tahun 2020, melalui dana Pagu Usulan Partisipatif Masyarakat (PUPM) dengan total anggaran sebesar Rp 3.389.300.000,- yang terdiri dari usulan Fisik (talud, irigasi, drainase, gorong-gorong, jembatan, lampu PJU, perbaikan jalan) dan Non-Fisik (pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis, pembinaan, dan seminar). “Terkait gedung kantor kecamatan lama, kesehariannya akan dimanfaatkan untuk sekretariat lembaga-lembaga pemberdayaan sosial kemasyarakatan, serta diusulkan untuk pembuatan taman bermain untuk anak-anak dan alat peraga edukasi” tambahnya. Keberadaan usaha kecil dan menengah di Kecamatan Cangkringan juga saat ini telah menunjukan perkembangan yang positif. Seperti usaha Kopi Merapi yang telah berorientasi pemasaran ke luar daerah juga telah mendorong berkembangnya pengusaha lokal.

Di Kecamatan Cangkringan, saat ini telah bertumbuh kegiatan pengelolaan wisata Merapi, terdapat lebih dari 10 titik objek dan daya tarik wisata baru. Perkembangan kegiatan wisata ini tentunya menarik banyak wisatawan dan karenanya membutuhkan sarana dan prasarana pendukung. Selain itu, terdapatnya potensi ancaman letusan Gunungapi Merapi, keberadaan jalur evakuasi yang berkondisi baik perlu mendapat perhatian lebih sehingga kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan kendaraan dapat dihindari. Hal-hal tersebut diungkapkan oleh beberapa Kepala Desa saat memaparkan usulan rencana pembangunan dalam Musrenbang RKPD 2020 ini.

(***PFP)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of