BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Kunjungan Baperlitbang Kabupaten Kendal Mengenai Dewan Riset Daerah (DRD) Sleman

Nurhidayah, S. Si, MT, Kepala Subbid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sleman, pada hari Jumat tanggal 9 Februari telah menerima tamu dari Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (BAPERLITBANG) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tujuan rombongan yang berjumlah 4 orang dan diketuai oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan tersebut adalah melakukan study terkait Dewan Riset Daerah (DRD).

Secara eksplisit pembentukan DRD oleh Pemerintah Daerah diamanatkan dalam UU No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Iptek. Dalam Pasal 20 UU Nomor 18 tahun 2002 disebutkan bahwa Pemerintah Daerah berfungsi menumbuhkembangkan motivasi, memberikan stimulasi dan fasilitas, serta menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan serta sinergi unsur kelembagaan, sumberdaya, dan jaringan iptek di wilayah pemerintahannya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Sisnas P3 Iptek. Untuk mendukung fungsinya tersebut, Pemerintah Daerah Membentuk DRD yang mewakili masyarakat dari unsur kelembagaan iptek di daerahnya.

Pembentukan DRD dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Daerah, yakni Bupati sebagai Kepala Daerah Kabupaten. Keputusan Kepala Daerah tersebut mengatur berbagai hal yang terkait dengan pembentukan DRD antara lain: Tugas Pokok dan Fungsi DRD; Struktur Organisasi DRD; Bentuk Badan Hukum DRD; Keanggotaan DRD; Koordinasi Kelembagaan antara DRD dengan Instansi di Lingkungan Pemerintah Daerah; dan Pembiayaan DRD.

Pembubaran DRD, pengangkatan dan/atau pengangkatan antar waktu keanggotaan DRD, serta pemberhentian dan/atau pemberhentian antar waktu keanggotaan DRD harus dilakukan melalui Keputusan Kepala Daerah.

DRD Kabupaten Sleman beranggotakan 8 orang, yang merupakan perwakilan dari unsur-unsur Pemerintah Daerah dan Kelembagaan Iptek Daerah (Perguruan Tinggi Daerah, Lembaga Litbang Daerah, Badan Usaha, dan Lembaga Penunjang/Masyarakat). Pemilihan anggota berdasarkan permasalahan yang menjadi prioritas Kabupaten Sleman. Adapun tahun 2018, ada 3 tema yang menjadi pokok permasalahan dalam pembangunan di Kabupaten Sleman, yaitu Ketimpangan wilayah; Peningkatan Daya Saing; dan Pengentasan Kemiskinan. * * * (Bidang LitbangDal)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of