Konsinyering Rencana Pengembangan Kawasan Strategis Cepat Tumbuh Kabupaten Sleman

Rencana Pengembangan Kawasan Strategis Cepat Tumbuh merupakan dokumen yang akan menjadi dasar pengembangan infrastruktur di kawasan strategis yang sesuai dengan arah pengembangan. Lebih jauh lagi, melalui perencanaan kawasan strategis ini harapannya dapat meningkatkan daya saing wilayah yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Hal tersebut diungkapkan oleh Drs. Kunto Riyadi, M.P.P.M., Kepala Bappeda Kabupaten Sleman dalam acara konsinyering Rencana Pengembangan Kawasan Strategis Cepat Tumbuh Kabupaten Sleman di The Atrium Hotel and Resort, Sleman, Rabu, 21 November 2018.

Dalam paparannya, Inda Nur Handayani, S.T., sebagai Tenaga Ahli Perencana Wilayah, dalam hal ini mengungkapkan bahwa berdasarkan analisisi kewilayahan, kawasan strategis di Kabupaten Sleman terbagi menjadi 6 kawasan prioritas, yang kemudian akan menjadi 6 klaster tematik meliputi Klaster KSCT Perkotaan Yogyakarta, Agropolitan, Koridor Perekonomian, Kawasan Prambanan, Minapolitan, dan Wisata Pertanian Sleman Barat.

Dalam kesempatan yang sama, Yunanta Arief Rusmana, S.T., M.T., sebagai Tenaga Ahli Prasarana Wilayah, menambahkan bahwa terdapat dua isu strategis di Kabupaten Sleman, yaitu pemerataan dan kelayakan infrastruktur serta alih fungsi lahan. Oleh karena itu diperlukan penyediaan sarana dan prasarana guna mencapai tematik pengembangan kawasan strategis cepat tumbuh yang tertuang dalam indikasi program pada 6 klaster terpilih. (***JFP/Bidang Fisik Prasarana)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *