Kolaborasi antara Pusat Rehabilitasi Yakkum dengan BAPPEDA Sleman dalam Penanganan Disabilitas Psikososial

Pusat Rehabilitasi Yakkum yang diketuai oleh Arshinta, S.Si, MPH menggandeng Bappeda Kabupaten Sleman dalam acara Workshop Peran Pemerintah dalam Penanganan Orang dengan Disabilitas Psikosisial di Kabupaten Sleman. Workshop yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sinom Bappeda Kabupaten Sleman, Jalan Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta, pada hari Senin tanggal 10 Desember 2018 ini, dihadiri oleh Perangkat Daerah terkait yakni Kecamatan, Puskesmas, RSUD Sleman, RS Ghrasia dan Pemerintah Desa. Workshop ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peran Pemerintah Daerah dalam Penanganan Orang dengan Disabilitas Psikosisial di Kabupaten Sleman.

Acara dibuka oleh Bapak Drs. Pranama, M.Si, Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan, dilanjutkan dengan tiga paparan oleh narasumber dan diikuti dengan diskusi aktif oleh seluruh peserta workshop. Semua peserta dalam kesempatan ini menyampaikan peran dari masing-masing instansi, program/kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan di instansinya.

Tantangan layanan orang dengan disabilitas psikososial datang dari faktor eksternal dan faktor internal. Dari faktor internal, tantangan adalah berupa lemahnya dukungan keluarga penderita ODDP terhadap kebutuhan pada kebersihan diri, minum obat, dan aktivitas sehari-hari lainnya. Kadang keluarga juga belum bisa menerima keberadaan ODDP yang disebabkan karena berbagai alasan. Sedangkan tantangan dari faktor eksternal bisa dilihat dari lingkungan, kebijakan pemerintah, kesempatan kerja, layanan jaminan khusus dan layanan publik lainnya. Di sini peran Pemerintah Daerah sangat besar dalam memberikan pelayanan kepada Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP). (***JFP/Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of