BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Klarifikasi Luas Lahan Baku Sawah di Kabupaten Sleman

Dalam rangka Klarifikasi Hasil Verifikasi Data Lahan Baku Sawah terhadap Data Pertanahan di Kabupaten Sleman, Kementerian ATR/BPN, diwakili oleh Direktorat Jenderal Penataan Agraria, berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam rapat secara daring yang diselenggarakan hari Kamis (25/06) lalu. Rapat ini diikuti oleh beberapa OPD Kabupaten Sleman yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, serta Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman.

Pada proses klarifikasi, Direktorat Jenderal Penataan Agraria memberikan informasi luas Lahan Baku Sawah di Kabupaten Sleman tahun 2019 adalah seluas 18.294,93 ha, sedangkan menurut data Batas Administrasi Pemerintah Kabupaten Sleman adalah sebesar 18.126,01 ha. Perbedaan luasan ini kemungkinan diakibatkan oleh perbedaan deliniasi batas wilayah antara Kabupaten Sleman dengan kabupaten di sekitarnya. Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sleman telah melakukan klarifikasi dan penandatanganan Berita Acara batas wilayah dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunung Kidul pada April 2020.

Sebagaimana tercantum dalam Surat Bupati Sleman pada bulan Mei 2020, luas lahan baku sawah yang diusulkan oleh Kabupaten Sleman adalah sebesar 10.883 ha, setelah menghitung faktor pengurang terhadap LBS. Adapun faktor pengurang tersebut dipengaruhi oleh beberapa  hal seperti pertimbangan teknis pertanahan, data Rencana Tata Ruang Wilayah, data Rencana Detail Tata Ruang Sleman Timur, serta beberapa kebijakan strategis lainnya. Selain itu, data lahan baku sawah ini juga telah disesuaikan dengan data lahan sawah yang menjadi bagian dari Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan yang akan segera ditetapkan. Dalam diskusi, Kepala Subbidang Pertanahan dan Penataan Ruang, Agung Yuntoro, ST, M.IDS, M.AP menyampaikan bahwa terdapat kemungkinan bahwa luas LBS masih dapat berkurang mengingat terdapat kebijakan strategis Nasional berlokasi di Wilayah Sleman seperti kegiatan pengembangan jalan tol yang belum masuk ke dalam perhitungan dalam usulan tersebut.

Selanjutnya, Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman akan memperbarui data Hak Guna Bangunan (HGB) untuk disesuaikan dengan data lahan baku sawah Kabupaten Sleman. Direktorat Jenderal Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN akan melakukan sinkronisasi tim terpadu pada Bulan Juli untuk menetapkan lahan baku sawah yang dilindungi. (***Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of