Kecamatan Berbah melaksanakan Musrenbang untuk Tahun Anggaran 2020

Bertempat di Pendopo Kepanjen Kecamatan Berbah, musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 31 Januari 2019. Hadir dalam musyawarah tersebut dari Bappeda, Perangkat Daerah terkait, Perangkat Desa, Lembaga Penyandang Disabilitas, Organisasi Lembaga Mayarakat Desa dan Forum Anak.

Disampaikan oleh Camat Berbah, Bapak Wildan Solichin, S.IP, MT bahwa penyebab kemiskinan adalah Kurangnya ketrampilan yang dimiliki, sehingga tidak memiliki pekerjaan dan mengakibatkan kebutuhan hidup tidak terpenuhi dan mental masyarakat yang senang apabila dianggap miskin, dengan harapan agar mendapat bantuan dari pemerintah. Untuk itu perlu penanganan yang serius dari pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Sleman khususnya di Kecamatan Berbah.

Kecamatan Berbah mengusulkan:

1.Pembangunan Fisik (PUPM). Pembangunan Fisik dilakukan untuk rehab irigasi, talud, drainase air hujan di ruas jalan, pembangunan Jamban untuk KK Miskin dan Pembangunan Taman Layak Anak

2.  Pembangunan Non Fisik (PUPM). Pembangunan Non Fisik yang diusulkan lewat PUPM adalah Pelatihan PTK, Pelatihan Uji Kompetensi Guru, dan beberapa pelatihan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian masyarakat.

3. Kegiatan Prioritas Non PUPM. Kegiatan yang menjadi prioritas non PUPM antara lain, pembangunan embung, pelebaran jembatan, peningkatan jalan kabupaten dan pembangunan lampu penerangan jalan.

4. Usulan DANAIS. Kecamatan Berbah juga mengusulkan dari DANAIS untuk Pembangunan, pengembangan sarana dan prasarana wisata alam, jembatan, sanggar kesenian, joglo dan pengadaan perlengkapan bergodo dan gamelan.

5.  Usulan BKK. Untuk usulan BKK diprioritaskan untuk Pengaspalan jalan di 5 lokasi.

(***Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *