BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Integrasi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Sleman Timur Melalui Transit Multi Fungsi

Kawasan Prambanan, sebagai lokasi Integrated Tourism Master Plan (ITMP) di DIY, memiliki beberapa kegiatan yang akan berlokasi di Desa Bokoharjo. Salah satu kegiatan yang sudah mulai ditindaklanjuti adalah pembangunan Transit Multi Fungsi (TMF) yang merupakan sebuah kawasan multi fungsi yang terdiri dari pusat souvenir, tempat parkir, show room UKM, tourist information center, dan pusat kuliner.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, pada hari Senin (2/03) di Ruang Rapat Dhandhanggula, BAPPEDA Kabupaten Sleman sebagai sekretariat Kelompok Kerja Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan Kabupaten Sleman mengadakan rapat koordinasi untuk menentukan roadmap kegiatan TMF tersebut. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh BAPPEDA, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Bagian Perekonomian Setda, Bagian Pemerintahan Setda, Kecamatan Prambanan, Pemerintah Desa Bokoharjo, PT TWC, Konsultan ITMP dan PMS.

Dalam diskusi tersebut, disampaikan bahwa Detailed Engineering Drawing (DED) perencanaan pembangunan TMF telah disusun oleh Pemerintah DIY. Namun dalam pelaksanaannya masih membutuhkan Feasibility Studies (FS) dan AMDAL sebelum akhirnya dapat dilakukan pembangunan. Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menyambut usulan tersebut dengan rencana penganggaran FS TMF Bokoharjo melalui ABT 2020.

Status lahan yang akan menjadi lokasi TMF Bokoharjo merupakan Tanah Kas Desa (TKD) dan Sultan Ground (SG). Penggunaan TKD sendiri sudah melalui persetujuan Pemerintah Desa Bokoharjo dengan penguasaan lahan melalui perubahan fungsi oleh pemerintah desa, sehingga untuk lahan TKD sudah dapat dikuasai dan ditindaklanjuti. Sedangkan untuk proses penguasaan SG akan dibicarakan lebih lanjut.

Dari diskusi tersebut, disimpulkan akan dilakukan penyusunan MoU dan PKS antara Pemerintah Desa Bokoharjo, Pemerintah Kabupaten Sleman, PT TWC, dan potensi stakeholder lain sehingga pelaksanaan pengelolaan TMF nantinya memiliki dasar dan acuan yang jelas. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Desa akan berkoordinasi dengan Program Management Support (PMS) untuk menindaklanjuti pemenuhan readiness criteria. (***Bidang Fispra)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of