Bertempat di Ruang Pangripta Bappeda Sleman, pada hari Selasa, tanggal 6 Maret 2018 penyelenggaraan Acara Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019 dimulai. Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019 dibagi dalam 3 tematik, yaitu Tematik Kemiskinan, Tematik Peningkatan Daya Saing Ekonomi Lokal dan Tematik Ketimpangan Wilayah dan Pendapatan. Kegiatan Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019 hari pertama dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, Asekda, para  Kepala Perangkat Daerah se Kabupaten Sleman, DPRD Kabupaten Sleman dan perwakilan organisasi kemasyarakatan.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Sleman, Drs. Kunto Riyadi, MPPM mengatakan bahwa Forum ini merupakan satu tahapan perencanaan yang harus kita laksanakan sesuai dengan Permendagri No 86 Tahun 2017. Sebetulnya forum ini dapat dilakukan  oleh masing-masing Perangkat Daerah (PD) untuk mengawalinya kita selenggarakan di Bappeda. Jangka panjangnya nanti  nanti masing-masing OPD dapat mengadakan forum seperti ini. Pada saat ini kita memulai sesuatu yang baru sesuai dengan amanat Permendagri No 86 Tahun 2017 dan sudah kita sampaikan pada beberapa kesempatan sebelumnya bahwa ada 3 hal yang menjadi fokus kita, yakni  Kemiskinan, Peningkatan Daya Saing Ekonomi Lokal dan Ketimpangan Wilayah dan Pendapatan. Kita upayakan ketiga permasalahan tersebut dapat kita atasi pada tahun 2019. Sehingga pada hari pertama ini yang menjadi prioritas yang akan kita bahas adalah masalah kemiskinan.

Drs. Kunto Riyadi MPPM  menyampaikan bahwa forum tematik ini di desain dengan melibatkan PD terkait yang sesuai dengan tematiknya. Misalnya tema kemiskinan ada tiga PD terkait yang kami pandang sebagai kunci dalam membahas tematik yang kita angkat untuk melakukan paparan yakni Dinas Sosial, Dinas Koperasi UKM serta Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Program yang dipaparkan oleh PD kunci ini nantinya memerlukan dukungan dari PD lainnya. PD yang tidak melakukan paparan saya harapkan dapat mencermati program dan kegiatan yang dipaparkan oleh PD kunci karena dimungkinkan ada program dan kegiatan yang perlu dilaksanakan, akan tetapi bukan merupakan tugas pokok dan fungsi PD yang melakukan presentasi. Proses dalam 3 hari ini kita harapkan dapat menghasilkan program dan kegiatan  yang benar-benar mampu mengatasi permasalahan yang kita hadapi.

Lebih lanjut Drs. Kunto Riyadi MPPM mengatakan bahwa dalam proses perencanaan pembangunan kita ada 3, yakni yang dari bawah (bottom up), pokok pikiran dan juga dari PD. Kita berusaha untuk mensinkronkan program dan kegiatan yang berasal dari ke tiga proses perencanaan pembangunan tersebut sehingga pada pelaksanaan kegiatan pembangunan pada tahu 2019 dapat kita laksanakan dan memberikan hasil dan manfaat yang optimal.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan bahwa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan kita dapat lebih erat dalam bergandeng tangan dan lebih kompak dalam melangkah sehingga tujuan pembangunan yang kita laksanakan ini dapat tercapai. Meskipun hal tersebut sudah kita lakukan, namun kedepannya perlu kita lakukan dengan lebih erat dan lebih kompak lagi. Sehingga tidak ada PD yang ketinggalan dari berbagai sisi.

Tugas kita dalam mengentaskan kemiskinan warga Sleman ini merupakan tugas yang sangat mulia. Oleh karena itu forum tematik perangkan daerah ini menjadi sangat penting. Dalam penanggulangan kemsikian ini kita tidak dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya seremonial saja. Namun harus benar-benar menyentuh permasalahan yang dihadapi oleh warga miskin. Untuk mengentaskan kemiskinan harus dilakukan oleh semua sisi, semua lini dan oleh semua orang yang ada didaerah tersebut.

Selain itu dalam pengentasan kemiskinan, ketersediaan data yang up to date, riil dan akurat menjadi sangat penting.  Bagaimana mungkin kita membuat target dengan benar, bagaimana mungkin kita melakukan evaluasi yang benar apabila kita tidak memiliki data yang up to date, riil dan akurat. Bersyukur, bahwa Sleman telah memiliki data up to date, riil dan akurat tersebut.  Sleman memiliki mekanisme pemutakhiran data mandiri. Oleh karena itu tidak boleh ada salah satu pihakpun yang terlewat tidak melakukan mekanisme pemutakhiran data.  Data dan fakta yang riil dan tunggal menjadi sangat-sangat penting. Berkenaan dengan hal tersebut pada kesempatan ini saya mengharapkan kepada para Camat di Sleman untuk selalu melakukan koordinasi dengan petugas-petugas yang ada di Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) yang ada di dusun-dusun.  Merekalah yang menjadi perpanjangan tangan kita dan mereka tahu betul kondisi warga yang miskin. Merekalah yang memiliki data yang akurat by name by address.

Pada hari pertama, 6 Maret 2019 tema yang menjadi bahasan pada Acara Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019 adalah Kemiskinan dengan nara sumber dan pembahas Drs. Saptoto B I, M.Si dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta. Adapun perangkat daerah (PD) yang melakukan paparan adalah Dinas Sosial, Dinas Koperasi UKM serta Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Adapun pada hari kedua, 7 Maret 2019 tema yang menjadi bahasan adalah tentang Peningkatan Daya Saing Ekonomi Lokal. Perangkat Daerah (PD) yang melakukan paparan meliputi Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dan pembahas adalah Akhmad Syariudin, SE, M.Si, PHd. Cand, dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.

Sedangkan pada hari ketiga, 8 Maret 2019 yang menjadi tematik pembahasan adalah Ketimpangan Wilayah dan Pendapatan. Perangkat daerah (PD) yang melakukan paparan adalah Dinas Tenaga Kerja, Dinas Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan, Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dan pembahas Ir. Sutrisno, MES mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman. * * * (Sekretariat)

Materi Tematik Kemiskinan dapat di download disini.

Materi Tematik Daya Saing Saing Ekonomi Lokal dapat di download disini.

Materi Tematik Ketimpangan dapat di download disini.