Dokumen KLHS Perubahan RPJMD untuk Pembangunan Kabupaten Sleman yang Berkelanjutan

Seiring dengan proses perubahan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2021, Pemerintah Kabupaten Sleman menyusun dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis guna memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembanguan suatu wilayah dan/atau Kebijakan, Rencana, dan Program (KRP) sebagaimana diamanatkan UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dokumen KLHS yang merupakan serangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif ini diharapkan dapat memperkirakan dampak negatif terhadap lingkungan hidup apabila KRP dalam Perubahan RPJMD dilaksanakan. Hal ini diutarakan oleh Ir. Ratnani Hidayati, MT, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda dalam rapat kerja verifikasi KLHS Perubahan RPJMD Kabupaten Sleman Tahun 2016-2021 di Ruang Rapat B, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (13/06/19) pagi lalu.

Dalam rapat kerja tersebut, Kepala Subbidang Perhubungan dan Lingkungan Hidup Bappeda, Kurniawan P Harahap menyampaikan paparan terkait penyusunan KLHS meliputi latar belakang penyusunan, dasar hukum, serta tahapan kajian mulai dari perumusan isu pembangunan berkelanjutan prioritas, identifikasi KRP, analisis pengaruh, sampai pada kajian muatan KLHS. Acara yang dibuka oleh Ir. Kuncara HP, M.MA (DLHK DIY) juga menghadirkan beberapa narasumber sebagai tim pembahas antara lain Dra. Yuningtyas Setyawati, M.Si (PERALHI), Setyo Winarso, S. Hut (P3EJ), Dr. Sutaryono (STPN Yogyakarta), Johanes Hamidin, S.Si, M.Sc (Geoteknika Indonesia), A. Ruruh Haryata, SH, ST, M.Kes (DLHK DIY), serta Aris Prasena, S.Si, M.Sc (Bappeda DIY). Tim pembahas dalam uraiannya menekankan pada aspek partisipasi masyarakat serta pengintegrasian dokumen KLHS dan Perubahan RPJMD yang disertai dengan data-data pendukung dan tahapan penyusunan yang sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh peraturan perundangan.

Sebagai tindak lanjut atas rapat kerja ini, tim pelaksana penyusunan KLHS Perubahan RPJMD Kabupaten Sleman Tahun 2016-2021 akan melakukan beberapa penyesuaian terhadap dokumen sebagaimana masukan dari tim verifikasi dalam beberapa pekan ke depan. Harapannya, melalui penyempurnaan dokumen KLHS ini, KRP yang disusun dapat menjamin keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Sleman. (***PFP/Bidang Fispra)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of