BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Dari Embung untuk Berbagai Manfaat: Sosialisasi Pembangunan Embung Sendangtirto

Embung adalah bangunan konservasi berbentuk kolam/cekungan untuk menampung air hujan, air limpasan, mata air dan/atau sumber air lainnya, yang terbuat dari bahan beton, tanah yang diperkeras, lembaran terpal atau geomembran untuk dipergunakan mendukung usaha pertanian, peternakan maupun perikanan. Embung memiliki beberapa manfaat yaitu, menyimpan air yang berlimpah saat musim hujan sehingga aliran permukaan, erosi tanah dan bahaya banjir di daerah hilir dapat ditekan. Embung juga dapat memasok kebutuhan air pada lahan tadah hujan saat musim kemarau, menunjang pengembangan usaha tani di lahan kering misalnya untuk tanaman pangan, perikanan, dan peternakan.Selain itu, embung juga dapat difungsikan sebagai kegiatan wisata.

Sebagaimana diamanatkan oleh Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2018 tentang Percepatan Penyediaan Embung Kecil dan Bangunan Penampung Air Lainnya di Desa, terus dilaksanakan dan didukung oleh 3 Kementerian, yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Desa PDTT dan Kementerian PUPR, pada Jumat (9/4) lalu dilakukan Sosialisasi Pembangunan Embung Sendangtirto di Kalurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman. Sosialisasi berlangsung di Balai Kalurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah yang dihadiri oleh perwakilan dari BBWS Serayu Opak, BAPPEDA, DPUPKP, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Panewu Berbah, POLRES Sleman, PT Dwi Daya Lestari, PT. Bumi Kahuripan Jaya KSO CV. Kautsar Susilo Abadi, Pamong Kalurahan Sendangtirto serta tokoh masyarakat di Kalurahan Sendangtirto Kapanewon Berbah.

Acara tersebut diawali oleh sambutan Sarjono, Lurah Sendangtirto, berisi ucapan terima kasih dan permohonan doa restu untuk pembangunan Embung Sendangtirto. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wildan Solichin, Panewu Berbah, menyampaikan tujuan utama pembangunan Embung Sendangtirto yaitu untuk mendukung kegiatan pertanian di wilayah sendangtirto serta dapat dimanfaatakan sebagai tujuan rekreasi dan wisata bagi masyarakat. Harapan kedepannya konstruksi embung yang dibangun dapat berumur panjang karena Kapanewon Berbah merupakan kawasan zona bencana gempa bumi sehingga memerlukan konstruksi yang kuat dalam pembangunannya.

Acara selanjutnya adalah sosialisasi pembangungan Embung Sendangtirto oleh Eko selaku PPK dari BBWS Serayu Opak yang berisi tentang rencana anggaran dan konstruksi Embung Sendangtirto. Pembangunan Embung dimenangkan oleh PT Dwi Daya Lestari dengan nilai kontrak sebesar  Rp 8.652.740.700,- dan Supervisi Pembangunan Embung di WS Progo Opak Serang yang di menangkan oleh PT. Bumi Kahuripan Jaya KSO CV. Kautsar Susilo Abadi dengan nilai kontrak sebesar Rp 1.325.577.000.- Sesuai kontrak, rencana pembangunan Embung Sendangtirto diperkirakan memakan waktu 7 bulan yang dimulai pekerjaan pemetaan wilayah pada bulan April 2021 dan selesai pada tanggal 4 November 2021.

Embung Sendangtirto ini dibangun di atas tanah kas desa yang berlokasi di wilayah persawahan dusun Tampungan. Areal yang akan digunakan untuk pembangunan embung adalah seluas 4.855,71 m² dan merupakan wilayah persawahan di sekitar saluran pertanian primer. Embung Sendangtirto ini diperkirakan dapat menampung volume air dengan total kurang lebih sampai dengan 9.716,63 m³ atau mampu mengairi kurang lebih sebesar 20 hektar wilayah pertanian dengan debit layanan diperkirakan sebesar 3,02 l/detik/ha. Pembangunan Embung Sendangtirto didesain dengan struktur ketinggian tanggul kurang lebih 2,55 m dengan panjang 358,62 m. Nantinya, embung ini akan difasilitasi lahan parkir yang dapat dimanfaatkan jika akan dibuka sekaligus untuk wahana wisata Desa Sendangtirto.  Lebih jauh, pembangunan embung diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kalurahan Sendangtirto. Dengan adanya embung desa ini, dapat menimbulkan efek domino/multiplier effect yang positif bagi terselenggaranya pengembangan potensi lokal yang ada di Kalurahan Sendangtirto. Dukungan dari masyarakat, lembaga dan Pemerintah Kalurahan Sendangtirto menjadi kunci tercapainya cita-cita dan tujuan terwujudnya kemajuan di Kalurahan Sendangtirto. (***RAR/Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of