BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Cek Fisik BMN Sebagai Langkah Awal Menuju Serah Terima Aset Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman

Barang Milik Negara (BMN) adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBN atau berasal dari perolehan lainnya yang sah. Pengelolaan Barang Milik Negara yang semakin kompleks perlu dikelola secara optimal sehingga pemerintah wajib melakukan pengamanan terhadap Barang Milik Negara dengan cara pengamanan fisik, pengamanan administratif, dan pengamanan hukum. Pengelolaan BMN sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan BMN/Daerah, adalah suatu upaya untuk mengatur dan mengelola suatu BMN sehingga terciptanya tertib administrasi dalam penatausahaan dan pengamanan BMN. Hibah Barang Milik Negara dilakukan dengan pertimbangan pertimbangan untuk kepentingan sosial, budaya, keagamaan, kemanusiaan, pendidikan yang bersifat non komersial, dan penyelenggaraan pemerintahan negara.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada Rabu (28/4) dilakukan tinjau fisik lapangan pembangunan infrastruktur sektor sanitasi tahun 2005 – 2018 dalam rangka Serah Terima Aset BMN Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman. Infrastruktur sektor sanitasi yang akan dihibahkan berupa Saluran Drainase, TPS 3R, dan SPAL. Saluran drainase adalah salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan dalam memenuhi salah satu persyaratan teknis prasarana jalan yang berfungsi untuk mengalirkan air yang dapat mengganggu pengguna jalan, sehingga badan jalan tetap kering. Sementara TPS3R adalah Tempat Pengelolaan Sampah dengan pendekatan Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi-menggunakan-daur ulang), termasuk mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilahan sampah, serta pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah saluran drainase primer tahun perolehan 2006 yang berada di Jalan Godean-Seyegan sampai ke Jalan Jae Sumantoro, Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean dengan outfall berada di sisi Selatan. Tinjau lokasi selanjutnya adalah sistem drainase primer Pasar Godean perolehan tahun 2014 yang berada di Jalan Godean, Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean dengan outfall berada di sisi Timur. Berdasarkan tinjau lokasi di lapangan, keadaan saluran drainase sudah banyak yang telah ditimbun dengan aspal oleh masyarakat setempat.

Lokasi terakhir yang ditinjau selanjutnya adalah TPS 3 R tahun perolehan 2012 di Dusun Bawuk, Padukuhan Plosokuning VI, Kalurahan Minomartani Kapanewon Kalasan. Adapun TPS 3R tersebut diberi nama TPS 3R GIAAAT (Guyup Iku Apik Agawe Ayom Adem Ayem Tentrem) yang dikelola oleh masyarakat. Bantuan yang didapat berupa mesin pencacah dan mesin pembuat pelet yang diberikan oleh CSR dengan beberapa produk yang dihasilkan adalah pelet kompos. TPS 3 R GIAAAT sudah mulai berkembang dan mempunyai peternakan bebek yang diberi makan hasil olahan dari sisa sampah organik yang masih dapat dimanfaatkan. Kedepan, direncanakan pula pembuatan pelet sendiri dengan memanfaatkan magot. Adapun sisa sampah yang tidak bisa dimanfaatkan, diambil oleh Dinas Lingkungan Hidup yang selanjutnya dibuang ke TPA Piyungan. Sementara ini TPS3R GIAAAT sudah melayani lebih kurang 350 pelanggan yang tersebar di berbagai lokasi. (***RAR/Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of