BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Belajar e-Monev dari Bappeda Kota Semarang

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketugasan, pada hari Kamis 19 November 2020, Bappeda Sleman khususnya Subbidang Pengendalian dan Evaluasi melakukan studi tiru ke Bappeda Kota Semarang. Kunjungan diterima dengan baik oleh Ibu Novi selaku Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Kepala Subbidang Pengendalian Rencana Pembangunan Daerah, Syafrinal, serta Kepala Subbidang Evaluasi Rencana Pembangunan Daerah Bappeda Kota Semarang.

Dalam diskusi terungkap bahwa Bappeda Kota Semarang telah membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam rangka mempermudah perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah juga mengalokasikan anggaran untuk ‘mirroring’ Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dari Kementerian Dalam Negeri sebagai antisipasi belum optimalnya sistem tersebut dalam perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Dalam hal pengendalian dan evaluasi, Bappeda Kota Semarang juga mengembangan e-monev (monitoring dan evaluasi online) yang terdiri dari 3 menu yakni monev perencanaan, monev penganggaran dan monev pembangunan. Kelebihan e-monev yang dikembangkan Bappeda Kota Semarang antara lain: 1) terintegrasi dengan perencanaan, penganggaran dan penatausahaan keuangan; 2) memberikan informasi capaian kinerja utama/daerah per triwulan; dan 3. dapat diakses publik (tanpa username).(*** Bidang Litbangdal)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of