BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SLEMAN SOSIALISASIKAN PERDA NO 12 TAHUN 2012 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW)

Bertempat di Aula Bappeda Sleman, pada hari Senin, 15 Oktober 2012 diselenggarakan acara Sosialisasi Perda No 12 Tahun 2012 Tentang RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah). Peserta sosialisasi ini adalah Para pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Sleman, termasuk para camat. Sebagai nara sumber sosialisasi ini adalah Sekretaris BKPRD (Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah) drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes, Sekrtetaris Sekretariat BKPRD, Ir. Ratnani Hidayati, MT Pokja BKPRD Ir. Dwi Anta Sudibya, MT. Bertindak sebagai moderator Arif Setio Laksito, ST, M.Dev.Plg. Turut hadir dan membuka acara sosialisasi ini Sekda Kabupaten Sleman, dr Sunartono, M.Kes mewakili Bupati Sleman.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Sleman, dr Sunartono, M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan rapat pleno BKPRD (Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah) Kabupaten Sleman yang diisi dengan kegiatan sosialisasi perda No 12 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sleman 2011-2031 ini merupakan momentum yang sangat baik untuk menambah pengetahuan dan pemahaman serta menyamakam persepsi. Keberadaan Rencana Tata Ruang Wilayah memiliki nilai dan posisi yang stategis dalam pelaksanaan pembangunan. Sebagaimana disebutkan dalam pasal 26 ayat 2 UU No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang), menyebutkan bahwa RTRW Kabupaten merupakan salah satu pedoman menyusunan RPJPD dan RPJMD.

Lebih lanjut dr Sunartono, M.Kes mengemukakan bahwa masa berlaku RTRW Kabupaten Sleman adalah 20 tahun dan dapat ditinjau kembali setidaknya satu kali dalam lima tahun atau dalam kondisi lingkungan strategis tertentu misal bencana alam dengan tetap memperhatikan hak masyarakat. RTRW juga merupakan upaya untuk pemanfataan ruang dengan berkualitas. Terlebih lagi penataan ruang merupakan hal yang strategi dalam pembangunan. Penyusunan Perda ini melalui suatu proses yang sangat panjang. RTRW Kabupaten Sleman disusun tahun 1992 dan diperdakan tahun 1994, berlaku hingga tahun 2004. Dan telah ditinjau kembali pada tahun 1997/1998, namun belum dapat diproses formalitasnya. Penyusunan kembali dilakukan mulai tahun 2003 hingga 2005 dan revisi tahun 2006, berkaitan dengan adanya gempa bumi tektonik. Dalam perkembangannya, cukup banyak kegiatan pemanfaatan ruang yang harus diakomodasikan.

Dalam sambutannya dr Sunartono, M.Kes juga menyampaikan bahwa penyusunan RTRW merupakan salah satu bagian dari kegiatan dalam penataan ruang sesuai amanat UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Penataan ruang terdiri dari 3 kegiatan yaitu perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang. Lebih lanjut dr Sunartono, M.Kes menambahkan berkaitan dengan diberlakukannya Perda No 12 Tahun 2012 ini maka SKPD di lingkungan Pemkab Sleman hendaknya dapat sikapi dengan arif dan bijaksana terutama yang berkaitan dengan penggalian potensi wilayah. P:ada kesempatan tersebut dr Sunartono, Mkes mengajak seluruh SKPD untuk secara bersama-ama menjadikan RTRW ini sebagai acuan strategi dalam penataan ruang dan pembangunan yang berkelanjutan secara bijak dan tidak radikal. * * *

 

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
adminDino Ramandha Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Dino Ramandha
Guest
Dino Ramandha

Maaf pak/ibu mau tanya sebelumnya, apakah ada yang mempunyai peta tataguna wilayah kabupaten sleman ? kalau ad yang punya saya boleh minta tidak ya, soal nya lagi tidak di sleman.
Terima kasih atas perhatiannya
email : dinoramandhaa23@gmail.com