BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SLEMAN SIAPKAN MASTER PLAN PAUD

Bertempat di Ruang Rapat C Bappeda Kabupaten Sleman pada hari Rabu tanggal 10 April 2013 diselenggarakan pertemuan dalam rangka  penyusunan  Master Plan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Sleman, Drs. Pranama, M.Si, Kepala Subbidang Pendidikan dan Kebudayaan Dra. Indaryanti, M.Pd, Dra Sri Wantini, Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan Dinas Dikpora, Dra. Sri Sumiyatun, Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini Dinas Dikpora, Slamet S.Pd, Penilik Dinas Dikpora, Jainudin Walid , S.Pd, Penilik Dinas Dikpora, Winarsih, S.Pd Pengawas TK/SD Dinas Dikpora, Mugi Rahayu, S.Pd Pengawas TK/Sd Dinas Dikpora, Ridhowi Staf Subag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Dikpora. Bertindak sebagai narasumber sekaligus konsultan penyusun Master Plan PAUD adalah Dr. Tadkiroatun Musfiroh, S.Pd, M.Hum dari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni UNY.

Dalam sambutan pembukaannya Drs. Pranama, M.Si mengemukakan bahwa penyusunan Master Plan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini dalam rangka menyusun panduan kebijakan pendidikan, terutama bagi pendidikan anak usia dini selama lima tahun mendatang. Terlebih lagi pada saat Kabupaten Sleman belum memiliki Road Map bagi pendidikan usia dini. Padahal usia dini merupakan golden age atau masa-masa keemasan dalam kehidupan seorang manusia. Oleh karena itu masa-masa keemenasan tersebut harus dapat dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal.

Lebih lanjut Drs. Pranama, M. Si mengemukakan bahwa optimalisasi masa-masa keemasan anak-anak tersebut juga harus diimbangi dengan asupan gizi yang mencukupi.  Mengingat di wilayah Kabupaten Sleman ini sebanyak 15 % anak-anak ternyata mengalami pertumbuhan fisik yang tidak optimal alias lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Hal ini dikarena pola konsumsi masyarakat kita yang keliru, yakni makan yang penting kenyang, tetapi tidak memperhatikan keseimbangan dan kebutuhan gizi. Gizi buruk yang masih terjadi di masyarakat Sleman pada saat ini justru banyak menimpa anak-anak di wilayah Sleman barat. Padahal wilayah Sleman barat merupakan lumbung padinya Sleman dan DIY. Oleh karena itu pola konsumsi masyarakat, terutama anak-anak di Sleman perlu diperbaiki, tidak hanya banyak karbohidratnya, tetapi juga diimbangi dengan zat gizi lainnya seperti protein nabati maupun hewani serta vitamin dan mineral serta zat gizi lainnya.

Drs. Pranama, M.Si juga mengungkapkan bahwa angka partisipasi pendidikan anak usia dini di Sleman terhitung masih rendah, yakni sebanyak 41 %. Hal ini menunjukkan bahwa belum semua anak-anak di Sleman dari usia 0 tahun hingga  6 tahun yang jumlahnya mencapai 49.000 lebih telah memperoleh pendidikan usia dini seluruhnya. Melalui master plan ini kita berusaha untuk mempotert kondisi riil lapangan yang terjadi diwilayah Kabupaten Sleman untuk diperbandingkan dengan aturan yang berlaku dan disesuaikan dengan kondisi yang ideal. Berkenaan dengan hal tersebut dalam tahapan penyusunan master plan pendidikan anak usia dini ini  diperlukan banyak informasi, data dan Focus Group Discussion (FGD) dengan para pemangku kepentingan . Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan serta memperkuat analisis, maka disebarkan kueisoner yang dibagikan kepada lembaga-lembaga PAUD seperti kelompok bermain maupun TK.

Adapun untuk responden  diambil secara sampel, mewakili kondisi PAUD yang sangat bagus, bagus, sedang, kurang bagus, tidak bagus (jelek) yang tersebar di 30 desa. Dengan pengambilan sampel di 30 desa ini diharapkan akan dapat menggambarkan kondisi PAUD di Kabupaten Sleman. * * *

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
adminAyu Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Ayu
Guest
Ayu

Assalamualaikum, saya Ayu mahasiswi manajemen pendidikan UNY.
saya ingin menanyakan perihal data pendidik (jumlah, latar belakang pendidikan, dan kualifikasi) dan jumlah peserta didik PAUD di kecamatan depok, kabupaten sleman..
kira-kira saya dapat memperoleh data tersebut dimana?
terima kasih sebelumnya.
wassalamualaikum.