BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SLEMAN SELENGGARAKAN SOSIALISASI TATA NASKAH BARU

Bertempat di Aula Bappeda Sleman, pada tanggal 12 Juni 2012 pukul 08.00 WIB diselenggarakan sosialisasi tata naskah dinas sesuai dengan Peraturan Bupati No 5 Tahun 2012 bagi seluruh karyawan Bappeda Sleman. Sebagai nara sumber adalah Wawan Hariawan, S.IP, M.Si Kepala Subbagian Ketatalaksanaan bagian Organisasi Setda Kabupaten Sleman.

Dalam sambutan pengarahannya, Sekretaris Bappeda Sleman, Dra. Tri Endah Yitnani, M.Si mengemukakan bahwa penyelenggaraan sosialisasi tata naskah dinas sesuai dengan Peraturan Bupati No 5 Tahun 2012 ini merupakan upaya Bappeda dalam mengoptimalkan penyusunan naskah dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu sosialisasi ini sangat diperlukan mengingat ada beberapa perubahan dalam tata naskah dinas sesuai dengan Peraturan Bupati No 5 Tahun 2012.  Dengan terlaksananya sosialisasi ini maka penyusunan tata naskah dinas di Bappeda Sleman diharapkan tidak ada kesalahan lagi dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu narasumber sosialisasi tata naskah dinas, Wawan Hariawan mengungkapkan bahwa dirinya sangat kaget saat menerima permintaan Bappeda untuk menjadi nara sumber sosialisasi tata naskah yang baru. Hal ini dikarenakan sosialisasi awal tata naskah yang baru bagi seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Sleman baru saja dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2012. Dengan demikian Bappeda Sleman merupakan instansi yang pertama untuk kalinya melakukan sosialisasi tata naskah yang baru sesuai dengan Peraturan Bupati No 5 Tahun 2012 bagi seluruh karyawannya.

Lebih lanjut Wawan Hariawan  mengungkapkan bahwa perubahan yang ada dalam tata nasakah sesuai dengan Peraturan Bupati No 5 Tahun 2012 diantaranya adalah pencantuman kode Sangat Rahasia (SR), Rahasia (R), Kilat (K), Biasa (B) pada sampul naskah dinas dengan menggunakan cap atau bolpoint merah. Pemberian kode ini untuk mempermudah pengolah dalam mengelola naskah dinas. Hal baru lainnya adalah pencantuman sifat naskah dinas pada sudut kiri atas naskah dinas.

Wawan Hariawan mengharapkan setelah mengikuti sosialisasi ini karyawan Bappeda yang seringkali membuat naskah dinas bisa memformat atau mengatur tata nasakah yang dibuat sesuai dengan aturan yang berlaku, misalnya harus menggunakan font atau huruf Arial, marjin atau batas surat 3 cm dari tepi kecuali batas atas untuk halaman yang berkop surat yakni sebesar 1 cm . Dengan pengaturan tersebut diharapkan terjadinya kesalahan dapat diminialisir. * * *

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
SUDIMAN Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
SUDIMAN
Guest
SUDIMAN

segera juga sosialisasikan ke tingkat unit kerja samapi di desa desa
dan mulai kapan itu berlakunya ya..