BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SLEMAN SELENGGARAKAN SEMINAR PENGEMBANGAN SIDA

Bertempat di Hotel Savita Inn Jalan Palagan Rejodani, Sariharjo, Ngaglik, Sleman pada hari Rabu tanggal 12 November 2014 Bappeda Kabupaten Sleman menyelenggarakan Seminar Pengembangan Sistim Inovasi Daerah (SIDa ) dengan tema “Pengembangan Sistim Inovasi Daerah (SIDa) Melalui Pendekatan Kluster Komoditi Unggulan”.
Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Dra. Sudarningsih. MSi, Kepala Bappeda Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih, M. Kes, Kepala BPPT Yogyakarta Dr. Drs. Sudarmaji, MP. Adapun peserta seminar berasal dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Sleman, LPPM PT, PPL Pertanian dan Peternakan, Kelompok Tani dan ternak, Masyarakat Penangkar Benih padi. Bertindak sebagai nara sumber diantaranya Dr. Lestari Rahayu dari UGM dengan materi Pembangunan SIDa di Kabupaten Sleman, DR. Hendig Winarno dari BATAN Jakarta dengan materi Pemuliaan Tanaman Padi, Budi Santoso, STP, MMA dengan materi Best Practise Membangun Bantul Seed Center, DR. Bess Tiesnamurti Kapuslitbangnak BPTP Bogor dengan materi Membangun Kampung Ternak Kambing Terpadu dan Dr. Gunawan MS dari BPTP Yogyakarta dengan materi Pembibitan Kambing PE. Adapun bertindak sebagai moderator Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Dra. Sudarningsih. MSi.

SEMINAR OK
Dalam laporan penyelenggaraan kegiatan Kepala Bappeda Kabupaten Sleman drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes. menyampaikan bahwa penyelenggaraan seminar ini untuk memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kepada aparat pemerintah dan masyarakat pelaku dalam mengoptimalkan daya saing komoditi unggulan Kabupaten Sleman terutama padi dan kambing PE. Selain itu momentum seminar ini juga bertujuan untuk membangun jejaring A-B-G-C atau Akademisi, Bisnis, Government dan Community. Dengan membentuk jejaring, masing-masing pihak dapat berbagi peran sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
Lebih lanjut drg Intriati Yudatiningsih, M.Kes menyampaikan bahwa pembangunan SIDa di Sleman didasarkan pada dokumen Roadmap SIDa yang telah disusun pada tahun 2013. Didalam Roadmap SIDa terdapat empat komoditi unggulan Kabupaten Sleman yakni Padi, Salak Pondoh, Kambing PE dan bambu. Akan tetapi dalam seminar ini pembahasan difokuskan pada dua komoditas yaitu Padi dan Kambing PE.
Sementara itu dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Dra. Sudarningsih. MSi mengemukakan bahwa Inovasi merupakan factor yang sangat penting dalam mendukung perkembangan ekonomi berbasis industri menuju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing daerah. Terlebih lagi pada saat ini terjadi pergeseran ekonomi berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan dan inovasi merupakan faktor yang semakin menentukan dalam kemajuan ekonomi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat ini pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian cenderung terus menurun. Hal ini salah satunya disebabkan karena semakin tingginya alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian dan belum optimalnya penerapan inovasi dan teknologi di sektor pertanian. Sistim Inovasi Daerah (SIDa ) secara prinsip telah diatur oleh Peraturan Bersama Menristek dan Mendagri Nomor 3 Tahun 2012 dan Nomor 36 Tahun 2012 tentang penguatan SIDa. Keberadaan SIDa ditujukan untuk menumbuhkembangkan suatu sistem atau jejaring yang akan meningkatkan keunggulan komparatif daerah menuju keunggulan kompetitif yang mempunyai daya saing berbasis inovasi. (Bidang Dalev)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of