BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Bappeda Sleman selenggarakan Musrenbang Online untuk Penyusunan RKPD tahun 2021

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan salah satu rangkaian penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021, sebagai upaya penyerapan aspirasi yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan agar tercipta perencanaan pembangunan yang partisipatif. Namun, di tengah-tengah perkembangan pandemi Covid-19 yang semakin meluas serta sebagaimana imbauan Pemerintah untuk menjaga jarak fisik (Physical Distancing) antar satu sama lain dan kebijakan bekerja dari rumah bagi sebagian besar warga, Bappeda Kabupaten Sleman menyelenggarakan Musrenbang secara online yakni melalui daring pada Kamis (09/04) lalu. Dengan menggunakan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi secara daring, para pemangku kepentingan pembangunan daerah dapat berpartisipasi secara aktif dalam penyampaian aspirasi dari tempat asal.

Musrenbang RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2021 ini dibuka oleh Drs. H. Sri Purnomo, M.Si, Bupati Sleman sekaligus menyampaikan arahan tentang arah kebijakan pembangunan Kabupaten Sleman tahun 2021. Dalam arahannya, Sri Purnomo juga menyampaikan prioritas penangan Covid-19 di Kabupaten Sleman yang meliputi penanganan kesehatan berupa pemanfaatan asrama haji untuk isolasi ODP dan tenaga tenaga Kesehatan dalam proses pemulihan/karantina yang ditolak masyarakat dalam masa karantina mandiri dan pembagian alat kesehatan ke Puskesmas di 17 Kecamatan, penanganan ekonomi berupa pembagian bantuan keuangan untuk ODP, PDP dan pasien Positif Covid-19, serta penyediaan jaring pengaman sosial (pemberian hibah/bansos dalam bentuk uang dan/barang dari Pemerintah Kabupaten Sleman).

Acara yang dihadiri secara daring oleh sekitar 90 peserta (terdiri dari kelompok DPRD, Akademisi, LSM, Instansi Vertikal dan organisasi perangkat daerah di luar Sleman, organisasi kemasyarakatan/paguyuban, organisasi profesi, dan seluruh OPD di Kabupaten Sleman) ini menghadirkan Kepala Bappeda DIY (diwakili oleh Kurniawan S.Sos, S.E, Akt. M.Ec.Dev) yang memberikan paparan tentang Rancangan RKPD DIY tahun 2021 dan Kepala Bappeda Sleman (Drs. Kunto Riyadi, MPPM) dengan paparan tentang Rancangan RKPD Kabupaten Sleman tahun 2021, dengan Kepala Bidang Data dan Perencanaan Pembangunan, Nur Fitri Handayani, S.STP, M.Si bertindak sebagai moderator. Selanjutnya, acara diakhiri oleh sesi diskusi dan tanya jawab sebagai upaya penyerapan aspirasi terhadap arah pembangunan di tahun 2021 dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan daerah. (***PFP/Bidang Data dan Perencanaan Pembangunan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of