Bertempat di Aula Bappeda Sleman, pada hari Jumat tanggal 11 Mei 2018 diselenggarakan Foccus Group Discussion (FGD) Perencanaan Pembangunan Koperasi Dan UKM.  Acara FGD dimulai pukul 08.30 WIB diikuti oleh Koordinator Forum Komunikasi UMKM di setiap Kecamatan di Kabupaten Sleman, Ketua Koperasi di Kabupaten Sleman, Ketua Ikatan Pengrajin Sleman, Ketua Asosiasi pengusaha Makanan dan Minuman Kabupaten Sleman, Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Sleman, Kabid dan Kasubid Bidang Perekonomian Bappeda, Kabid. Usaha Mikro, Kabid. Koperasi Dinas Koperasi dan UKM , Kasi Jaringan Usaha dan Kemitraan Dinas Koperasi dan UKM, serta kasubbag Perencanaan Perangkat daerah terkait.

FGD dibuka oleh Sekretaris Bappeda Arif Setio Laksito, ST, M.Dev.Plg yang dalam sambutannya mengemukakan bahwa dalam rangka mengurangi kemiskinan dan pengangguran, perlu diciptakan wirausaha-wirausaha baru. Demikian juga untuk meningkatkan daya saing UMKM  perlu ditingkatkan kinerja pelaku usaha dengan merencanakan kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung kepada pelaku UMKM. Disamping itu dari hasil kajian Bappeda, koperasi berperan signifikan dalam mengurangi ketimpangan wilayah sehingga kinerja koperasi perlu dioptimalkan.

Dalam  FGD ini diisi oleh dua pemapar yaitu Drs. Pustopo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman dan Ahmad Syari’udin, SE, M.Si, Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman menyampaikan paparan tentang perkembangan perkoperasian dan UMKM serta rencana program kegiatan yang akan diusulkan untuk perubahan anggaran tahun 2019 dan anggaran tahun 2020. Dari Akademisi menyampaikan paparan tentang Tiga pilar ekonomi yang  dapat berkontribusi secara optimal pada perekonomian Nasional/Daerah diantaranya BUMN/BUMD, Koperasi dan Swasta. Setelah pemaparan dari kedua narasumber diatas dilanjutkan dengan diskusi, yang hasilnya antara lain perlu di rencanakan pembentukan PLUT (Pusat Layanan Usaha terpadu) pada tahun 2019 untuk meningkatkan pelayanan kepada UMKM. Dengan adanya PLUT ini permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dapat dicarikan solusinya sehingga kinerja pelaku UMKM dapat meningkat.

* * * (Bidang Perekonomian)